fbpx

Menangani Perilaku Konsumtif pada Anak

SMP Islam Malang : SMP Khairunnas Malang

SMP Islam Malang

SMP Islam Malang : SMP Khairunnas Malang

“Ada bakso…,”  seketika anak-anak keluar kelas mengantri membeli bakso. Di zaman sekarang banyak sekali jenis makanan yang sangat menggoda untuk dicoba. Bahkan bakso saja jenisnya banyak. Ada bakso gila, bakso presiden, bakso malang, bakso beranak, bakso urat, bakso setan, bakso mercon dsb (dilengkapi sendiri jika jenis bakso anda tidak ada di daftar). Tentu sebagai orangtua maupun aktivis pendidikan memiliki tantangan sendiri dalam mendidik anak-anak agar dapat mengendalikan gaya hidupnya terkhusus untuk divisi kuliner. Ketidakmampuan anak dalam mengelola gaya hidup akan membuatnya sengsara dalam menjalani kehidupan, apalagi di era industri 4.0 dimana banyak trend-trend baru di berbagai bidang yang viral dengan begitu cepat. Kecepatannya lebih cepat dibanding virus Corona. Maka sangat penting mengetahui bagaimana cara menangani perilaku konsumtif anak.

Ada beberapa poin penting yang harus dilakukan. Poin-poin di bawah ini hanya beberapa upaya yang mungkin bisa dicoba untuk diterapkan pada anak. Saya sampaikan untuk menerapkan cara ini dibutuhkan energi berupa TEGAs dan KONSISTEN. Tegas bukan berarti keras. Tega bukan berarti membiarkan begitu saja tanpa diarahkan. Konsisten artinya tetap memegang aturan yang sudah disepakati (tidak berubah-ubah aturan seenaknya). 

Berikut tujuh poin yang harus diperhatikan dalam menangani perilaku konsumtif:

  1. Buat akad dengan anak tentang tugas ayah dan ibu perihal memenuhi kebutuhan anak
  2. Ajari anak menghabiskan uang, bukan hanya menyimpan uang
  3. Hilangkan kata JAJAN
  4. Buat jadwal snacktime
  5. Jangan beri kewenangan anak memegang uang di usia <7 tahun
  6. Buat program uang saku untuk anak >7 tahun
  7. Batasi keinginan anak dengan adanya jadwal

Alhamdulillah di SMP Khairunnas telah dilakukan beberapa upaya untuk menangani perilaku konsumtif pada anak. Salah satunya dengan adanya uang saku. Namun tidak ada upaya yang tidak ada celah dan ujiannya. Anda akan mendapati beberapa hal yang akan menguji kualitas diri anda ketika menerapkan poin-point di atas kepada anak didik anda. Penasaran tentang penjelasan poin-poin di atas? Kita kupas satu-persatu di artikel selanjutnya ya. Yuk kita siapkan generasi yang bisa survive dalam keadaan apapun. 

Yayasan Pendidikan Khairunnas merupakan yayasan yang didirikan oleh Yayasan & Laznas Nurul Hayat yang fokus pada pengabdian lembaga pada dunia pendidikan di Indonesia melalui Sekolah Islam Terpadu Khairunnas. Berdiri sejak 2018 di Surabaya. Alhamdulillah saat ini telah mengembangkan pendidikan Islam berbagai jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan usia dini (KB-TK), SD, SMP, SMA dan Kuliah (Kampus Entrepreneur Penghafal al-Quran) 

Referensi

Parenting Academy Abah Ihsan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top