fbpx

Manfaat Kegiatan Pramuka

Kegiatan Pramuka ; Selamat Hari Pramuka !!

Pramuka Pramuka Praja Muda Karana.

Kegiatan Pramuka, Selamat hari Pramuka, Selamat hari pramuka 59

Proses pembelajaran bisa dari mana saja. Selain proses pembelajaran di dalam kelas, tentunya sekolah juga memiliki berbagai macam kegiatan tambahan atau Ekstra Kurikuler untuk anak agar bisa mengembangkan pengetahuan, skill maupun karakter diluar pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah Pramuka.

Pramuka sangat dikenal dengan kegiatannya diluar lingkungan sekolah. Aktivitasnya pun dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik untuk diikuti, menyenangkan, terarah, teratur dan sehat. Sudah lebih dari setengah abad kegiatan Pramuka hadir di Indonesia mengajarkan banyak hal untuk putra putri bangsa. Gereakan Pramuka juga punya banyak manfaat untuk kita. Yuk kenali apa saja manfaat dari gerakan Pramuka yang bisa kita pelajari.

1. Melatih Anak untuk Mandiri

Gerakan Pramuka dengan kegiatan kegiatan akan melatih anak untuk menjadi Mandiri. Karena kegiatannya banyak dilakukan di luar sekolah, dan tak banyak membutuhkan peran orang tua dalam kegiatannya. Seperti kegiatan Persami yang bisa mengajarkan anak untuk menjadi Mandiri, mulai dari memasak, menyiapkan tenda, merapikan barang, dan mencuci sendiri.

2. Melatih Menjadi Lebih Disiplin

Kegiatan Pramuka biasanya sudah tersusun dan terjadwal sangat ketat. dan semua peserta Pramuka wajib mematuhi peraturan yang sudah diberikan dan wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Seperti mulai dari mengikuti kegiatan Apel Pramuka, mengumpulkan tugas yang diminta, istirahat tepat waktu, hingga mengenakan seluruh atribut Pramuka. Dan hasilnya akan membuat anak menjadi lebih disiplin menaati perturan dan disiplin pada waktu.

3. Membangun Karakter Gotong Royong

Karakter gotong royong menjadi karakter yang bisa didapatkan dari kegiatan Pramuka. Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan sifat gotong royongnya. Nah, dengan Pramuka bisa mengajarkan kepada anak sejak kecil tentang arti gotong royong. Ya, karakter gotong royong dapat dibangun ketika si kecil dan seluruh penghuni tenda bersama-sama membangun tenda. Kemudian, mereka juga harus bergotong-royong untuk menyelesaikan pekerjaan, misalnya memasak atau mencuci piring.

Pekerjaan tersebut tentu tidak bisa dilakukan sendiri jadi mau tidak mau si kecil harus bersosialisasi dan bergotong royong dengan yang lain.

4. Mampu Meningkatkan Rasa Kepedulian

Kegiatan tim yang dilakukan di dalam Pramuka juga bisa meningkatkan rasa kepedulian anak. Anak akan dilatih melalui berbagai kegiatan bakti sosial serta diajarkan untuk saling membantu teman yang kesusahan atau sedang sakit. Dengan begitu, anak akan lebih peduli dengan orang yang ada di sekitarnya dan tak segan untuk saling membantu.

5. Diajak untuk Belajar Mencintai Alam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebagian besar kegiatan Pramuka dilakukan dilakukan di luar ruangan. Ya, dengan kegiatan Pramuka, anak-anak diajak untuk melihat alam lebih dekat. Kegiatan yang langsung dilaksanakan di alam itu diharapkan mampu memunculkan kepedulian anak untuk melestarikan lingkungan, seperti tidak merusak alam.

6. Kegiatan Pramuka Sebagai Belajar Bekerjasama

Kegiatan Pramuka banyak yang memerluka kerjasama antar regu. Mengajarkan Anak tentang berfikir sebagai satu tim dan bertindak sebagai satu tim atau kerjasama. Karakter ini yang kelak akan berguna di jenjang kehidupan selanjutnya.

7. Melatih Kepemimpinan

Mengikuti kegiatan Pramuka juga dapat melatih jiwa kepemimpinan anak. Itu karena, setiap anggota Pramuka akan mendapat kesempatan untuk menjadi pemimpin regu.Melalui kesempatan ini si kecil akan belajar mengenai gaya kepemimpinan serta mencari cara untuk memecahkan masalah. Secara tidak langsung, menjadi pemimpin regu juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, dengan menjadi pemimpin, anak juga belajar bagaimana caranya mengatur sebuah tim.

Semoga bermanfaat 😊
Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Terbaik dan Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top