Memupuk Kepercayaan Diri Sejak Dini: Ekstrakurikuler Public Speaking SD Khairunnas 2 #SekolahDiMasjid

Memupuk Kepercayaan Diri Sejak Dini: Ekstrakurikuler Public Speaking SD Khairunnas 2 #SekolahDiMasjid

Penulis : Ustadzah Nurul Chikmia

Editor : Ustadzah Ratnatus Sa’idah

Setiap individu dilahirkan dengan potensi dan keunikan masing-masing. Namun, seringkali potensi tersebut terpendam akibat kurangnya rasa percaya diri. Keyakinan akan kemampuan diri sendiri memegang peranan krusial dalam mengembangkan potensi positif, baik untuk diri sendiri maupun kontribusi terhadap lingkungan sekitar. Menyadari pentingnya hal ini, SD Khairunnas 2 #SekolahDiMasjid menghadirkan wadah yang inovatif bagi para siswanya untuk menumbuhkan rasa percaya diri sejak usia dini melalui ekstrakurikuler public speaking.

Ekstrakurikuler public speaking menjadi salah satu pilihan menarik di SD Khairunnas 2 #SekolahDiMasjid, dirancang khusus sebagai sarana bagi peserta didik untuk melatih keberanian tampil dan berbicara di depan umum. Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Jumat ini menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan, di mana siswa dapat mengeksplorasi kemampuan komunikasinya tanpa rasa takut.

Salah satu pendekatan yang diterapkan dalam ekstrakurikuler ini adalah pembagian kelompok berdasarkan minat dan potensi siswa, yaitu kelompok Master of Ceremony (MC) dan kelompok pidato. Metode ini memungkinkan peserta didik untuk belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan kecenderungan alami mereka. Siswa yang memiliki ketertarikan dalam memandu acara dapat mengasah kemampuan sebagai MC, sementara mereka yang lebih suka menyampaikan gagasan dan pesan dapat fokus pada teknik berpidato.

Materi yang diajarkan dalam ekstrakurikuler public speaking ini mencakup aspek-aspek penting dalam berkomunikasi yang efektif, di antaranya:

Gesture Tubuh: Mempelajari bahasa tubuh yang mendukung pesan verbal dan memberikan kesan percaya diri.

Intonasi Suara: Melatih modulasi dan penekanan suara yang tepat untuk menyampaikan makna dan menarik perhatian аudience.

Ekspresi: Mengembangkan ekspresi wajah yang sesuai dengan konteks pembicaraan dan emosi yang ingin disampaikan.

Cara Memegang Mikrofon: Mengajarkan teknik memegang mikrofon yang benar agar suara terdengar jelas dan profesional.

Dengan materi yang komprehensif dan metode pembelajaran yang interaktif, ekstrakurikuler public speaking di SD Khairunnas 2 #SekolahDiMasjid menjadi sarana belajar yang efektif dalam membangun rasa percaya diri pada anak. Kegiatan ini tidak hanya melatih kemampuan berbicara di depan umum, tetapi juga membentuk generasi muda yang berani, komunikatif, dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Keberanian untuk menyampaikan ide dan gagasan secara efektif adalah bekal berharga yang akan mereka bawa sepanjang hidup, membuka peluang dan memungkinkan mereka untuk memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat.

Scroll to Top