fbpx

PEMBELAJARAN TK KHAIRUNNAS SAAT PANDEMI

Pembelajaran saat pandemi ; TK Khairunnas merupakan lembaga pendidikan tingkat PAUD yang fokus di pembelajaran Tahsin dan tahfidz Quran serta pembelajaran adab, namun tetap memberikan hak anak untuk bermain sambil belajar melalui pembelajaran pengembangan.

Pembelajaran Saat Pandemi

Sejak terjadinya pandemi Covid 19, dimana sistem pembelajaran online diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan termasuk jenjang PAUD, maka sekolah berusaha untuk memberikan pelayanan maksimal kepada semua peserta didik, salah satunya melalui kegiatan membuat video pembelajaran dan hal itu merupakan salah satu rutinitas yang harus dilakukan oleh semua ustadzah.

Usia PAUD merupakan masa usia dimana anak belajar untuk fokus dan bisa duduk tenang, adalah tahapan yang tidak bisa dipaksakan, selain karena mereka masih dalam tahap perkembangan motorik, gaya belajar anak juga mempengaruhi kemampuan mereka untuk fokus, maka bagaimana video itu bisa menarik bagi anak dan tidak membuat mereka jenuh adalah PR tersendiri bagi sekolah untuk bisa mengemas video yang menarik dan tugas yang tidak membuat anak-anak bosan.

Dalam pembuatan video pembelajaran, ustadzah-ustadzah TK Khairunnas membuat jadwal mulai dari penyusunan rpp yang dibuat sesederhana mungkin, tetapi tetap bermakna dan dengan catatan tidak memberatkan wali santri. Hal ini mengingat untuk pembelajaran online, kontribusi orang tua sangatlah besar dalam membimbing putra putrinya selama belajar di rumah. Lalu, materi pembelajaran apa saja yang dimasukkan dalam pembuat video KBM TK Khairunnas?

Materi pembelajaran yang dimasukkan dalam video pembelajaran TK Khairunnas meliputi: Pembelajaran hafalan doa dan hadits sekaligus adab, pembelajaran materi calistung, pembelajaran life skill, pembelajaran berdasarkan 6 aspek pengembangan seperti berbahasa, kognitif, Nilai agama dan moral, seni, fisik motorik serta sosial emosional. 

Untuk pembelajaran tahsin dan tahfidz Quran, anak anak yang mendapat jadwal online akan dihubungi untadzah satu persatu sesuai jadwal yang sudah dibagi dan disepakati antara wali kelas dan wali santri. 

Lantas apakah ada kendala balam proses pembelajaran selama Pandemi?? PASTI!!!!

Beberapa kendala yang dihadapi, baik oleh ustadzah maupun wali santri dalam pembelajaran selama masa pandemi adalah pembagian waktu, dimana saat pembelajaran ketika masa normal, semua tugas ustadzah bisa diselesaikan dalam jangka waktu kurang lebih 8 jam, namun saat pandemi seperti ini, ustadzah harus menyedikan waktu yang lebih panjang untuk menerima setoran tahsin maupun tahfidz secara indiviual.

Dari sisi wali santri, kendala yang dihadapi kebanyakan dari mereka adalah pekerja, sehingga untuk mendampingi saat online private dan setor tugas pun bisa sampai jam 20.00. Sejauh ini alhamdulillah antusias orang tua dalam mendampingi anak dan menyetorkan tugas anak sangat baik, terutama anak TK Jenjang TK A. 

Semoga pandemi Covid 19 ini segera pergi, sehingga proses pembelajaran terutama untuk anak usia dini bisa berjalan secara normal lagi, karena makna pembelajaran terutama pembelajaran sosialisasi dan pembelajaran adab kurang terasa nilainya jika hanya melalui video.
Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Terbaik dan Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top