Peran Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
SD Khairunnas | Posted on | No Comments |
Kedisiplinan merupakan salah satu nilai penting yang harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Di SD Khairunnas Surabaya, sebagai SD Islam yang berkomitmen pada pendidikan karakter, kedisiplinan menjadi salah satu aspek utama yang diterapkan dalam keseharian siswa. Menanamkan kedisiplinan sejak dini tidak hanya membantu anak-anak dalam kehidupan akademik, tetapi juga membentuk kebiasaan positif yang akan berguna hingga mereka dewasa.
Pada masa transisi dari taman kanak-kanak ke sekolah dasar, anak-anak sering menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan lingkungan belajar yang lebih terstruktur. Oleh karena itu, SD Khairunnas Surabaya memulai penanaman disiplin sejak kelas 1 SD dengan metode yang menyenangkan dan efektif. Salah satu contohnya adalah pengenalan tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan melalui kegiatan piket kelas. Kegiatan ini mengajarkan anak-anak untuk menjaga kerapihan dan kebersihan kelas secara bergantian sesuai jadwal yang telah ditentukan.
عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ
“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai
kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu.” (HR. At- Tirmidzi)
Selain kebersihan lingkungan, anak-anak juga diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap barang milik pribadi maupun sekolah. Dengan membiasakan anak-anak menyimpan perlengkapan sekolah dengan baik dan tidak meninggalkan barang sembarangan, mereka akan lebih memahami arti kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagaimana yang disampaikan oleh Maria Montessori, “Discipline must come through liberty. We do not consider an individual disciplined only when he has been rendered as artificially silent as a mute and as immovable as a paralytic. He is an individual annihilated, not disciplined.” Hal ini menunjukkan bahwa disiplin bukan sekadar kepatuhan, tetapi juga kesadaran diri dalam bertanggung jawab.
Selain itu, SD Khairunnas Surabaya juga mengajarkan pentingnya belajar secara kolaboratif melalui diskusi kelompok. Kegiatan belajar bersama tidak hanya membantu anak memahami materi lebih baik, tetapi juga membangun rasa saling menghargai dan
bekerja sama. Dengan belajar dalam kelompok kecil, anak-anak akan terbiasa untuk mendengarkan pendapat teman- temannya, mengutarakan ide, serta menemukan solusi bersama. Menurut penelitian dari American Psychological Association (APA), belajar dalam mem-
bangun rasa saling menghargai dan bekerja sama. Dengan belajar dalam
kelompok kecil, anak-anak akan terbiasa untuk mendengarkan pendapat teman-temannya, mengutarakan ide, serta menemukan solusi bersama.
Menurut penelitian dari American Psychological Association (APA), belajar dalam kelompok dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan sosial anak-anak. Dengan adanya metode ini, SD Khairunnas Surabaya sebagai SD terbaik yang mengutamakan pendidikan berkualitas, mampu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kuat.
Di samping kegiatan akademik,
SD Khairunnas juga mengedepankan pembentukan solidaritas melalui permainan bersama. Kegiatan bermain yang dikemas dalam bentuk edukatif membantu anak- anak memahami nilai-nilai kerja sama, kejujuran, dan empati terhadap sesama.
Hal ini sesuai dengan prinsip pendidikan Islam yang menekankan keseimbangan antara ilmu dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai bagian dari proses pendidikan, SD Khairunnas Surabaya juga mengajarkan disiplin dalam aspek ibadah. Sejak dini, siswa dibiasakan untuk melaksanakan salat tepat waktu, membaca Al-Qur’an, serta mengikuti kegiatan keagamaan dengan penuh kesadaran. Dengan pendekatan ini, SD Islam seperti SD Khairunnas tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga membentuk kepribadian islami yang berakhlak mulia.
Kedisiplinan yang diterapkan sejak dini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan anak. Mereka akan tumbuh menjadi individu
yang lebih teratur, bertanggung jawab, dan memiliki etos kerja yang baik.
Sebagaimana yang dikatakan oleh Aristoteles, “We are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act, but a habit.” Kebiasaan baik yang ditanamkan sejak kecil akan membentuk karakter unggul di masa depan. Dengan berbagai metode yang diterapkan, SD Khairunnas Surabaya membuktikan bahwa pendidikan karakter dan kedisiplinan dapat berjalan beriringan dengan sistem pembelajaran yang berkualitas. Bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya, SD Khairunnas menjadi pilihan tepat sebagai SD terbaik yang tidak hanya mengutamakan akademik, tetapi juga membentuk karakter anak dengan nilai-nilai islami.
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB SD) di SD Khairunnas Surabaya telah dibuka! Segera daftarkan putra-putri Anda untuk mendapatkan pendidikan berkualitas yang berbasis nilai-nilai Islam dan kedisiplinan sejak dini. Dengan lingkungan belajar yang kondusif serta pengajar yang kompeten, SD Khairunnas siap mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dalam akademik dan akhlak.