fbpx

SD Unggulan Surabaya : Kenapa Memilih PKBM

SD Unggulan Surabaya, SD Khairunnas menerapkan kurkilum pembelajaran bersifat PKBM atau Homeschooling. Banyak yang akhirnya bertanya mengapa memilih menerapkan kurkilum Homeschooling. Apasih PKBM itu?

Menurut Sihombing dan Gutama (2000) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan suatu wadah dimana seluruh kegiatan belajar masyarakat dalam rangka peningkatan pengetahuan, keterampilan/keahlian, hobi, atau bakatnya yang dikelola dan diselenggarakan sendiri oleh masyarakat. PKBM adalah sebagai wahana untuk mempersiapkan warga masyarakat agar bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk dalam hal meningkakan pendapatannya. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah pendidikan masyarakat serta kebutuhan akan pendidikan masyarakat, definisi PKBM terus disempurnakan terutama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan lembaga, sasaran, kondisi daerah serta model pengelolaan.

Setelah membaca keterangan diatas, mungkin dapat disimpulkan bahwa PKBM adalah sebuah lembaga pendidikan yang dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat serta diselenggarakan di luar sistem pendidikan formal. Tujuannya agar pembelajaran bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan mendasar dalam lingkungan tersebut.

SD Unggulan Surabaya, SD Terbaik Surabaya, SD Khairunnas berfokus pada menanamkan Adab Islami kepada anak, agar terciptanya karakteristik Islami. Selain itu juga terfokus pada tahfidz hafalan Quran anak. Disamping pembelajaran akademik yang diajarkan setiap harinya dengan kegiatan- kegiatan yang interaktif dan mengasah kreatifitas anak.

Keunggulan penerapan kurkilum PKBM adalah sifatnya Customized, sesuai kebutuhan anak dan kondisi anak. SD Terbaik Surabaya, SD Khairunnas Lebih memberikan peluang untuk kemandirian dan kreativitas individual yang tidak didapatkan dalam model sekolah umum. Memaksimalkan potensi anak sejak usia dini, tanpa harus mengikuti standar waktu yang ditetapkan di sekolah. Lebih siap untuk terjun di dunia nyata (real world) karena proses pembelajarannya berdasarkan kegiatan sehari-hari yang ada di sekitarnya. Dan ini yang diterapkan oleh SD Islam Khairunnas.

Kurikulum

  1. Tahsin Ummi
  2. Tahfidz 7 Juz
  3. 40 Hadits Pilihan
  4. Doa Pilihan
  5. Ayo berhitung (Matematika)
  6. Ayo pembaca (Bahasa Indonesia)
  7. Alam sekitar dalam Al-Quran
  8. Tsaqofah Islamiyah
  9. Literasi (Public Speaking dan Siroh)
  10. Leadership
  11. Eco Green education plus Tilawati Qur’an
  12. IPS, Bumi dan isinya
  13. Bahasa Arab
  14. Bahasa Inggris
  15. Olahraga Sunnag (Renang Panahan)
  16. Robotik

SD Unggulan Surabaya

Keunggulan

1. Ruang kelas yang kondusif
2 Di Bimbing oleh guru yang kompeten dibidangnya
3. Fokus pada pembangungan karakter anak melalui pengembangan Adab, Tahfidz dan Akademik
4. Kegiatan Integratif pengembangan skill Anak

Yayasan Pendidikan Khairunnas merupakan yayasan yang didirikan oleh LAZNAS Nurul Hayat yang fokus pada pengabdian lembaga pada dunia pendidikan di Indonesia. Berdiri sejak 2018 di Surabaya. Alhamdulillah saat ini telah mengembangkan pendidikan Islam berbagai jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan usia dini (KB-TK), SD, SMP, SMA dan Kuliah (KEPQ). Karena donatur dari Nurul Hayat yang begitu banyak dan mempercayakan Anaknya untuk menuntut ilmu Agama dan Akademik di Pesantren pengelolaan LAZNAS Nurul Hayat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top