fbpx

10 Kata Bijak Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan bisa memberi inspirasi banyak orang. Ali bin Abi Thalib adalah seorang sahabat Nabi sekaligus khalifah keempat yang berkuasa pada tahun 656 sampai 661 masehi. Sepeninggal Nabi Muhammad SAW, Ali diangkat sebagai pemimpin umat Islam setelah Abu Bakar, ‘Umar, dan ‘Utsman.

Sebagai pemimpin, Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai pribadi yang saleh dan adil. Sosoknya menjadi panutan hingga saat ini. Kata mutiara Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan bisa memberi sedikit gambaran kebijaksanaan Ali semasa hidupnya.

Kata mutiara Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan memberi pelajaran bermakna bagi semua orang. Kecerdasan dan keberanian Ali bin Abi Thalib menjadi inspirasi umat. Kata mutiara Ali bin Abu Thalib tentang kehidupan dijadikan motivasi untuk menjalani hidup di dunia.

Kamu bisa merenungkan kata mutiara Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan untuk menemukan makna hidup. Ada banyak kata mutiara Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan yang menginspirasi.

Sebagai umat muslim kita semua tahu sosok Ali ibnu Abi Thalib. Beliau adalah salah satu Khalifah keempat setelah Utsman bin ‘Affan, sekaligus yang menjadi pemeluk islam pertama pada zamannya.

Selain itu Ali ibnu Abi Thalib juga merupakan menantu Nabi Muhammad SAW. Di mana putri kesayangan Nabi yang bernama Fatimah Az-Zahra menikah dengan Ali. Bukan hanya latar belakang sejarahnya yang istimewa, tapi dari kepribadian Ali ibnu Abi Thalib pun juga demikian. Berikut ini kata bijak dari Ali ibnu Abi Thalib yang menggambarkan akan sosoknya yang bijaksana.

1. Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang.

2. Pergunjingan adalah puncak kemampuan orang-orang yang lemah.

3. Barangsiapa menyalakan api fitnah, maka dia sendiri yang akan menjadi bahan bakarnya.

4. Jadilah orang yang dermawan tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tetapi jangan menjadi orang yang kikir.

Ali Bin Abi Thalib

5. Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia

6. “Seorang teman tidak dapat dianggap teman sampai ia diuji dalam tiga kesempatan: saat dibutuhkan, di belakangmu, dan saat kematianmu.”

Dalam sekali, ya pesan dari Ali ibnu Abi Thalib yang satu ini.

7. “Jadilah orang yang dermawan tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang sederhana tapi jangan kikir.”

Salah satu kunci kesuksesan rezeki adalah memperbanyak sedekah. Yuk, tanamkan sikap dermawan mulai saat ini juga!  

8. “Jangan pernah membuat keputusan dalam kemarahan dan jangan membuat janji dalam kebahagiaan.”

Percayalah kalau hal itu masih kamu lakukan, maka bersiaplah akan sebuah penyesalan. Tidak hanya itu, dampaknya bisa merugikan orang di sekitar kamu. So, coba tahan diri kamu saat dalam kondisi itu, ya. 

9. “Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta, dan rasa hormat.”

10. “Aku sudah pernah merasakan kepahitan dalam hidup, dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.”

Berharaplah hanya kepada Allah yang tidak pernah mengecewakan Hamba-Nya.

Nah, itulah 10 kata bijak dari sosok Ali ibnu Abi Thalib yang patut kita teladani kebijaksanaannya. Sungguh menggugah hati, bukan? Pesan darinya yang sangat mendalam, dijamin kamu yang telah membacanya langsung bergegas untuk berubah detik ini juga. Semangat!

__________________________________________________

Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Terbaik dan Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top