Berjalan di Atas Garis Lurus

Kegiatan yang dapat menstimulasi keseimbangan anak adalah berjalan diatas garis lurus. Kali ini anak-anak TK B akan melakukan kegiatan ini. Selain itu kegiatan ini juga dapat menumbuhkan keberanian anak.

Dalam melakukan kegiatan ini diperlukan bahan dan alat seperti lakban dan gunting. Kemudian lakban tersebut ditempelkan pada lantai secara berjajar menjadi garis lurus. 

Salah satu kegiatan fisik motorik yang ada di sekolah adalah berjalan di atas garis lurus. Ketika anak berjalan diatas garis lurus mulanya anak dapat memposisikan tubuhnya dengan menaiki garis lurus, kemudian kedua tangan direntangkan, posisi pandangan mata lurus kedepan, lalu secara perlahanlahan telapak kaki maju ke depan dan posisi tepat berada di depan kaki satunya. Langkah ini dilakukan secara bergantian dan kekuatan otot kaki diperlukan untuk menahan bobot tubuh dan anak berusaha untuk menyeimbangkan tubuhnya agar tidak keluar dari garis lurus. Dengan kegiatan yang biasa dilakukan disekolah ini terutama papan titian, maka terdapat banyak manfaat bagi anak, diantaranya yaitu : 

1) Dapat menumbuhkan tingkat konsentrasi antara mata, tangan dan kaki. 

2) Menumbuhkan sikap percaya diri anak. 

3) Meminimalkan anak untuk tidak sering terjatuh ketika bermain. 

4) Melatih keseimbangan tubuh anak Apabila anak berjalan keluar garis, tidak masalah. Kita ajak anak untuk mengulangnya kembali, agar anak dapat menjaga keseimbangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top