fbpx

8 Tingkatan Surga yang Perlu Kita Ketahui


8 Tingkatan Surga ; Dalam agama Islam, surga adalah tempat terbaik yang telah disediakan oleh Sang Pencipta bagi hamba-Nya yang terpilih. Banyak yang mengidam-idamkan hidup kekal di dalamnya. Bahkan, sekalipun orang itu bermaksiat pun, mereka ingin menjadi penghuni surga.
Tapi, semua kenikmatan dalam surga itu tidaklah mudah didapatkan. Ada beberapa cara agar bisa menjadi penghuni surga tersebut. Berikut penjelasan tentang 8 tingkatan surga yang wajib kamu tahu!

1. Surga Firdaus

Surga ini terbuat dari emas yang berwarna merah dan disediakan bagi orang-orang yang rida pada ketentuan Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S al-Mu’minun 1-11, berbunyi;

Artinya, sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

2. Surga ‘Adn

Surga ini disediakan bagi orang-orang yang mencintai Allah SWT, dan, terbuat dari mutiara berwarna putih. Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Ta ha ayat 75, berbunyi:

Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia). 

Dan dalam Q.S Ta ha ayat 76, berbunyi: 

(Yaitu) surga Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).

3. Surga Na’im

Surga ini disediakan bagi orang-orang yang selalu menolong agama Allah SWT,  dan surga ini terbuat dari perak yang berwarna putih. Sebagaiman yang dijelaskan dalam Q.S Al-Qalam ayat 34:

Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.

4. Surga Ma’wa

Surga ini terbuat dari batu Zarbajad berwarna hijau dan surga ini disediakan bagi orang-orang yang selalu takut kepada Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S An-Nazi’at ayat 40:

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya.
Dan, dalam Q.S An-Nazi’at ayat 41: 

Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya).

5. Surga Darussalam

Surga yang disediakan untuk orang-orang  sabar kepada Allah SWT, surga ini terbuat dari bahan Yaqut merah. Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Al-An’am ayat 127:

Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.

6. Darul muqamah

Surga ini disediakan oleh Allah SWT bagi para hamba yang banyak berbuat kebajikan dan jarang berbuat maksiat. Surga ini terbuat dari bahan permata berwarna putih. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Q.S Fatir ayat 34:

Dan mereka berkata: Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri.
Dan dalam Q.S Fatir ayat 35: 

Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.

7. Muqammal Amin

Surga ini disediakan bagi orang-orang yang keimanannya mencapai tingkat muttaqin. Yaitu, orang yang benar-benar bertakwa, kepada Allah SWT. Dan, surga ini terbuat dari bahan emas. Sebagaiman yang dijelaskan dalam Q.S Ad-Dukhan ayat 51: 

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.

8. Surga Khuldi

Surga ini terbuat dari bahan baru Marjan yang berwarna merah dan kuning. Surga ini disediakan oleh Allah SWT untuk orang-orang yang taat menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

 Al-Furqan ayat 15

Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?”.

Dan itu adalah 8 tingkatan surga yang perlu kita ketahui agar kita terus berupaya untuk mengejar surga dengan perbanyak ibadah. Semoga Bermanfaat.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Terbaik dan Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top