fbpx

Tes Potensi Skolastik; Apa itu tes TPS untuk SBMPTN?

Ujian Tertulis Berbasis komputer / dikenal sebagai UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 sudah diresmikan tanggal pelaksanaannya. Pelaksanaan UTBK untuk SBMPTN 2020 akan diselenggarakan serempak pada tanggal 5-12 Juli 2020. Siswa bisa mempersiapkan untuk materi-materi UTBK nya termasuk salah satunya adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes TPS sudah mulai diaplikasikan sejak tahun 2019 lalu. Menurut Menristekdikti, Tes Potensi Skolastik merupakan tes untuk mengukur kemampuan kognitif siswa berupa penalaran dan pemahaman umum siswa.

Ternyata, TPS tidak hanya digunakan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), di Amerika Serikat tes tersebut biasa menjadi tes untuk melanjutkan perkuliahan ke perguruan tinggi juga. Tes ini sudah diterapkan di beberapa negara maju seperti Australia, Inggris, Finlandia, dan Amerika Serikat. Tes yang ada sejak tahun 1926 ini dibagi menjadi dua jenis, yakni reasoning test dan subject test.

Reasoning test tujuannya untuk menguji kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan matematika secara umum. Sementara subject test akan menguji keterampilan siswa dalam bidang studi tertentu seperti sains, sejarah, dan bahasa asing. Sedangkan soal yang digunakan pada tes potensi skolastik pada SBMPTN mencakup tiga jenis, yakni:

Subtes verbal

TPS jenis ini mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kata atau bahasa. Tes ini terdiri dari soal sinonim, antonim, analogi, dan wacana.

Subtes kuantitatif

Subtes kuantitatif ini adalah jenis tes yang akan mengukur kemampuan matematis sederhana dan memahami konsep matematika untuk menyelesaikan masalah seperti soal aljabar, aritmatika, geometri, dan deret angka.

Subtes penalaran Tes jenis ini mengukur kemampuan dalam menganalisa dan mengorganisasi informasi yang relevan dalam menyelesaikan masalah. Subtes tersebut bisa berupa penalaran logis, analitis, maupun diagram.

SMA Tahfidz Khairunnas merupakan SMA berbasis pesantren (Boarding school) di Surabaya yang terfokus pada tahfidz Al-Quran serta akademis anak, harapannya kelak lulusan SMA Tahfidz Khairunnas menjadi anak yang unggul dalam akademik serta hafidz Al-Quran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top