fbpx

Bersyukur Menjadi Penghafal Al-Quran

Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang paling agung. Al-Qur’an sebagai sumber hukum islam yang utama, tidak ada yang hukum yang dapat menyalahi hukum Al-Qur’an. Selain itu Al-Qur’an akan terjaga kemurniannya sampai akhir zaman. Salah satu bentuk penjagaanNya dengan lahirnya para penghafal Qur’an atas izin dari Allah SWT. Menjadi Penghafal Quran.

Penghafal Al-Qur’an merupakan salah satu keluarga Allah SWT. Dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik radhiallahu anhu, ia berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنْ النَّاسِ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، مَنْ هُمْ ؟ قَالَ: هُمْ أَهْلُ الْقُرْآنِ ، أَهْلُ اللَّهِ وَخَاصَّتُهُ

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihanNya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah.  Hadis ini dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Ibnu Majah)

Dari hadist tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Allah telah melebihkan sebagian dari hambaNya yaitu untuk menjaga Al-Qur’an di dalam hati dan kehidupannya. Menjadikan Al-Qur’an selalu bersemi dalam hati, menghidupkan apa yang rusak di hatinya. Percayalah, bahwa Al-Quran itu memang hidup. Jika kita mengaku cinta Al-Quran, maka perlu pembuktian dan pengorbanan. Bukankah sejatinya cinta itu adalah tindakan? Seumpama kekasih, maka Al-Quran pun butuh perhatian, butuh pertemuan intens.

Mengingat betapa banyaknya kemuliaan dan keutamaan bagi orang yang menghafal Al-Qur’an. Hendaknya orang yang menghafal Al-Qur’an tidak menjadikan hafalan Al-Qur’an hanya sekedar menjadikannya sebagai ajang berbangga-bangga saja.

Menjadi Penghafal Al-Quran



Mengapa wajib bersyukur menjadi Penghafal Al-Qur’an ??

  1. Bersyukurlah, tidak banyak orang yang bisa baca al-Quran. 

Allah memberikan anugerah kepada hambanya sesuai takaran takdir yang dibarengi dengan ikhtiar maksimal. Oleh karenanya, kadar karunia yang Allah berikan kepada hambanya berbeda-beda satu sama lain. Allah berfirman (QS. An-Nahl:71):

وَاللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ فِي الرِّزْق                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebahagian yang lain dalam hal rezki,

  1. Betapa banyak orang yang merindukan untuk menjadi penghafal al-Quran

Salah satu tindakan lainnya sebagai bentuk rasa syukur terhadap kepercayaan Allah SWT yang telah menitipkan kalamnya kepada kita adalah dengan mengamalkan isi yang terdapat dalam Al-Qur’an. Dengan mebaca, menghafal dan mengamalkannya semoga kita menjadi sebaik baiknya manusia sebagaimana yang disebut Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَه .

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top