fbpx

Belajar di Rumah; Tips Agar Anak Terus Bersemangat dan Disiplin

Belajar di Rumah

Saat ini, Virus Corona sedang menjadi perhatian besar masyarakat Indonesia maupun dunia. Dan di beberapa wilayah di Indonesia, kebanyakan sekolah pun sudah menerapkan kebijakan untuk belajar di rumah untuk pencegahan penyebaran virus Corona kepada murid-murid di sekolah. Belajar dari rumah/ atau belajar jauh dari sekolah berarti orang tua/ keluarga memiliki peran penting pada proses pembelajaran ananda. Karena orang tua/ keluarga menjadi guru saat di rumah. Untuk itu orang tua perlu mengetahui cara agar anak bersemangat belajar di rumah dan juga disiplin.

Belajar di Rumah

1. Menjelaskan situasi
Pentingnya untuk menjelaskan situasi yang terjadi saat ini pada anak mengenai keadaan saat ini begitu pula terminologi-terminologi yang perlu dipahami anak- anak seperti social/ physical distancing dan aktivitas di rumah. Berikan pemahaman bahwa anak tetap harus belajar di rumah. Bukan berarti mereka tidak sekolah tapi tidak belajar.

Jelaskan bahwa belajar di rumah merupakan salah satu bentuk pencegahan penularan virus corona. Tempat ramai seperti sekolah dan juga ruang publik lainnya dapat meningkatkan potensi penularan virus.

2. Konsultasi dengan guru
Jangan lupa orang tua tetap perlu berkonsultasi dengan guru- guru lebih khususnya wali kelasnya. Agar orang tua pun bisa menyesuaikan pembelajaran di rumah dengan di sekolah. Orang Tua jangan malu untuk melaporkan kegiatan-kegiatan anak di rumah ya. Beri tahu pula perkembangan anak selama belajar di rumah agar guru dapat mengantisipasi langkah pembelajaran selanjutnya.

3. Buat jadwal teratur
Libur sekolah bukan berarti bisa berleba-leha. Jelaskan pada anak situasi yang terjadi bahwa sekolah tetap berlangsung dan hanya dipindahkan ke rumah. Oleh karena itu, buat lah jadwal yang teratur seperti kegiatan di sekolah.

Jadwal ini bisa mengikuti jadwal belajar anak di sekolah atau membuat jadwal belajar baru yang lebih fleksibel. Misalnya, seperti bangun pagi yang teratur, mandi, sarapan, belajar, istirahat dan bermain, dan belajar hingga waktu yang ditentukan, aktivitas bebas, mandi, dan tidur.
Beri tahu anak untuk disiplin mengikuti jadwal tersebut. Jelaskan pula orang tua akan terus memantau kegiatan belajar anak.

4. Belajar dan bekerja bersama
Aktivitas orang tua yang harus bekerja dari rumah bisa digabungkan dengan belajar bersama anak. Anak akan merasa lebih adil dan terpacu untuk belajar ketika orang tua juga ikut bekerja bersama. Jangan sampai anak diminta untuk belajar tapi orang tua justru menonton TV ya bunda. ikut terlibat dalam kegiatan ananda di rumah untuk mensupport ananda

5. Bantu anak belajar
Bantu pula anak untuk memahami materi yang dipelajari. Jelaskan dengan baik kepada anak tentang apa yang orang tua pahami. Jika tidak mengerti materi pembelajaran, jangan sungkan untuk bertanya pada guru atau mencari sumber yang tepat untuk menjelaskan materi pada anak.

6. Manfaatkan media pembelajaran daring (online)
Orang tua juga bisa menerapkan media pembelajaran secara daring yang sudah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sejumlah lembaga yang memberikan akses secara gratis seperti Zenius dan Ruang Guru.

Manfaatkan metode pembelajaran ini sebaik mungkin untuk mendapatkan video dan gambar sesuai dengan materi yang dibutuhkan anak.

7. Suasana yang nyaman
Buat suasana yang nyaman untuk bekerja dan belajar di rumah. Beraktivitas di rumah berarti memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk bereksplorasi. Orang tua bisa mengajak anak belajar di ruang keluarga atau pekarangan rumah untuk mendapatkan udara yang terbuka.

Menggunakan benda tambahan seperti bantal dan menyiapkan makanan ringan juga bisa dilakukan agar anak betah belajar.

8. Selingi dengan aktivitas yang menyenangkan
Agar tidak membosankan, selalu siapkan aktivitas yang menyenangkan bersama anak. Aktivitas ini dapat pula menjadi hadiah atau imbalan ketika anak menyelesaikan sebuah tugas atau materi.

Aktivitas yang menyenangkan misalnya bermain video game dan menonton film. Jangan lupa untuk mengajak anak beraktivitas fisik dan berolahraga selama berkegiatan di rumah.

Yayasan Pendidikan Khairunnas merupakan yayasan yang didirikan oleh Yayasan & Laznas Nurul Hayat yang fokus pada pengabdian lembaga pada dunia pendidikan di Indonesia melalui Sekolah Islam Terpadu Khairunnas. Berdiri sejak 2018 di Surabaya. Alhamdulillah saat ini telah mengembangkan pendidikan Islam berbagai jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan usia dini (KB-TK), SD, SMP, SMA dan Kuliah (Kampus Entrepreneur Penghafal al-Quran).


cek untuk artikel lainnya : https://www.pesantrenkhairunnas.sch.id/berita/


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top