fbpx

CIPTAKAN SUASANA BELAJAR DI RUMAH SEPERTI DI PESANTREN

Wabah korona kini tengah menjadi masalah masyarakat dunia. Tak hanya berpotensi mengganggu kesehatan, virus covid-19 ini pun menjadi pandemi dengan dampak global. Seluruh sektor dalam aspek kehidupan pun menjadi dampak virus mematikan ini. Seperti bidang pendidikan. Kebijakan-kebijakan baru pun telah disampaikan oleh menteri pendidikan salah satunya untuk belajar dari rumah. Suasana Belajar di Rumah.

Suasana Belajar di rumah

Kenapa harus belajar dari rumah? Keputusan tersebut  dituangkan dalam surat edaran (SE) No.4 tahun 2020 yang diteken tanggal 24 Maret 2020 yang berisi tentang bagaimana memprioritaskan kesehatan para siswa, guru, dan seluruh warga sekolah. Belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Guru dan siswa diimbau agar tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan maksimal.

Siswa harus mampu belajar dan  mengerjakan tugas dengan waktu tertentu secara mandiri tanpa didampingi guru. Sudah pasti hal itu akan membuat siswa merasa jenuh. Pasalnya mereka tidak bisa bertemu dengan teman, guru, dan merindukan suasana belajar di pesantren. Berikut tips agar tidak bosan dalam belajar mandiri.

Pertama, buatlah skala prioritas dalam belajar. Tentu masing-masing guru sudah memberikan jadwal,  maka laksanakanlah sesuai jadwal tanpa harus menunda. Kedua, ciptakan suasana belajar yang nyaman sesuai dengan keinginaan mu. Seperti, menciptakan suasana belajar seperti di pesantren. Ketiga, tetaplah berkomunikasi dengan teman dan guru untuk konsultasi tugas dan perkembangan belajar.

Keempat, cari tau gaya belajar yang membuat diri kalian  nyaman sehingga tidak mudah bosan. Misal sembari mendengarkan Alquran dan shalawat. Kelima, jangan lupa untuk selalu  berdoa agar Allah senantiasa memudahkan siswa dalam menimba ilmu.

Belajar dari rumah pun memiliki banyak manfaat. Siswa jadi memiliki lebih banyak waktu bersama orang tua dan keluarga. Sehingga mereka bisa bercerita semua hal tentang kegiatan di pesantren. Tak berhenti di situ saja, siswa juga dapat mengasah kemampuan mereka dalam mengembangkan ide kreatif untuk mengerjakan tugas dan mengaplikasikannya pada lingkungan sekitar. Itu akan menambah amal jariyah siswa.

 Dengan belajar mandiri, secara tidak langsung menjadikan siswa semakin dewasa dalam manajemen waktu. Ada satu hal yang harus diingat oleh siswa, bahwa proses tidak akan pernah menghianati hasil. Jika kita selalu berdoa dan bekerja keras, maka hasilnya juga akan berbuah manis. Tetap fokus belajar serta selalu berdoa semoga kondisi saat ini segera membaik. Sehingga dapat berkumpul kembali dengan teman dan guru di pesantren. Suasana Belajar di Rumah.

Apasih Manfaat yang didapatkan ketika belajar dirumah? Manfaat yang didaptkan akan sangat besar sekali. Kalian bisa lebih banyak waktu bersama keluarga/ orang tua kalian disitu kalian bisa menceritakan semua hal tentang kegiatan belajarmu pada hari itu dan akan mendapatkan ketenangan,lebih banyak waktu exploring ide kreatif karena kalian diberikan kebebsan lebih dalam mengerjakan tugas, bisa menerapkan pengetahuan/mengembangkan kelingkungan sekitar dari ilmu yang didapatkan disekolah tentunya akan menambah amal jariyah untuk kalian, kalian akan semakin dewasa karena bisa mengatur waktu sendiri dan mendaptkan informasi banyak dari lingkungan, dan yang paling penting adalah kalian akan tau bahwa proses adalah seimbang dengan hasil yang kalian lakukan.

Artikel : Riska Ayu Permata P

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top