fbpx

Liburan Mendadak Covid-19

di rumah aja

Menyebarnya wabah Covid-19 di Indonesia, mengharuskan kami #stayathome #di rumah aja. Untuk menekan penyebarannya kami harus melakukan program pencegahan. Apalagi untuk yang tinggal di asrama dengan banyak sekali orang dalam satu rumah. Akhirnya kami mengkarantina seluruh santri SMP Khairunnas Malang. Nah, agar karantina tetap produktif dan bermakna ada banyak kegiatan yang kami lakukan, yuk simak kegiatan apa saja yang kami lakukan untuk mengisi liburan mendadak ini!

Di hari pertama, kami belajar tentang Virus Corona. Mengapa si perlu belajar? tujuan awal tentu mengenal. Setelah mengenal kita akan mengetahui bagaimana cara pencegahan dan ikhtiar pengobatan. Selain itu keuntungan dari berkenalan dengan virus Corona adalah mengurangi tingkat panik anak-anak, sehingga imunnya terjaga dengan baik. Hari Kedua. kami belajar membuat masker sendiri dari kain. Melihat harga masker yang selangit dan sulit sekali dicari, membuat ide ini muncul. Bahkan banyak yang tidak memakai marker di luaran sana, bukan perkara tak ingin tapi tak ada. Meski ada yang rapi ada yang kesulitan, Alhamdulillah semua berhasil memakai maskernya masing-masing.

Hari Ketiga kami berolahraga. Ada yang bermain badminton, basket, voli, dan Tom and Jerry. Alhamdulillah sangat seru. Selanjutnya kami belajar tajwid bersama-sama. Ada yang belajar tajwid ada juga yang membuat JAMU ANTI CORONA (hanya nama hehehe) selain menyediakan handsanitizer di setiap asrama, dan anjuran mencuci tangan, ikhtiar juga kami lakukan dengan obat herbal yang 100% terbuat dari rempah-rempah Indonesia yang kaya khasiat. Berhubung vaksin Covid-19 belum ditemukan, ini bisa jadi salah satu ikhtiar pencegahan dari dalam.

Untuk meningkatkan motivasi dan kehangatan diantara penghuni pesantren kita nonton bareng. Kali ini kami menonton Film India yang mengisahkan seorang anak yang selalu dianggap nakal, tidak naik kelas beberapa kali, dan terkenal bodoh. Padahal sebenarnya dia anak yang jenius, hanya saja karena dia mengalami disleksia membuatnya sulit mengenal abjad. Untungnya ketika dia pindah sekolah ada seorang guru yang membantunya dan mendukungnya untuk bangkit dan berusaha. Alhasil dia berhasil. Film ini membuat menguras airmata kami. Benar-benar banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Suasananya benar-benar membuat anak-anak hanyut dan merasakan sekali apa yang dialami oleh tokoh.

Hari berikutnya anak-anak menampilakan abkat-bakat mereka melalui Muhadhoroh dengan tema Aqiqoh. Meskipun tidak selihai orang ahli di luar sana. Muhadhoroh ini menjadi ajang untuk menguji mental anak-anak agar berani untuk tampil dan mengungkapkan pendapatnya di depan umum. Ternyata liburan diperpanjang kawan. Masih banyak keseruan kegiatan-kegiatan masa karantina di SMP Khairunna Malang. yang tidak hanya seru tapi juga sarat manfaat. Stay safe ya di rumah masing-masing dan tetap produktif. Jangan lupa juga tetap bermanfaat dan menyebar kebaikan meski di dalam rumah. Yuk lawan Corona bersama-sama.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top