fbpx

Faktor-Faktor Penyebab Hijrah Rasulullah Saw ke Madinah

Hijrah Rasulullah :

Hijrah Rasulullah

Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah menjadi peristiwa besar bagi umat Islam. Kisah itu punya makna mendalam bagi muslimin dunia. Peristiwa itu kemudian menjadi awal tahun kalender Islam dan diperingati hingga sekarang.

Sebelum hijrah ke Madinah, Nabi Muhammad telah berdakwah menyebarkan Islam di Mekah. Semula, Nabi berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Syiar Islam kemudian dilakukan dengan terang-terangan.

Kaum kafir Quraisy yang sejak semula memusuhi Nabi semakin gencar melakukan desakan. Intimidasi terjadi setiap waktu. Namun, saat Nabi perlu dukungan, datanglah masa sulit. Sang istri, Siti Khadijah, wafat. Padahal Siti Khadijah menjadi salah satu motivator bagi Nabi dalam menyebarkan Islam.

Alasan (Sebab-sebab) Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah – Hijrah tidak saja memiliki arti untuk mengesampingkan kepentingan seseorang, mengorbankan segala harta benda dan menyelamatkan jiwanya saja, akan tetapi harus disertai dengan adanya kesadaran bahwa dirinya juga telah dihalalkan dan terampas, bisa jadi binasa di pangkal perjalanan atau di penghujungnya.

Alasan (Sebab-sebab) Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah – Hijrah tidak saja memiliki arti untuk mengesampingkan kepentingan seseorang, mengorbankan segala harta benda dan menyelamatkan jiwanya saja, akan tetapi harus disertai dengan adanya kesadaran bahwa dirinya juga telah dihalalkan dan terampas, bisa jadi binasa di pangkal perjalanan atau di penghujungnya.

Ada faktor-faktor penting yang menyebabkan Rasulullah terdorong untuk Hijrah dari Makkah ke Madinah, yakni sebagai berikut :


1. Siksaan Kaum Quraisy kepada Umat Islam semakin Berat

Selama 13 tahun Rasulullah hidup di Kota Mekkah, beliau dan para pengikutnya seringkali mengalami cobaan yang besar dan siksaan yang begitu pedih. Di samping itu, hak kemerdekaan juga dirampas, mereka diusir dan harta benda milik mereka disita.

2. Wafatnya Istri dan Paman Nabi

Setelah Khadijah, Istri Rasulullah Meninggal dunia, umat Islam semakin bertambah kesedihannya. Tak lama berselang, Paman Rasulullah yakni Abu Thalib juga wafat. Wafatnya Abu Thalib ini menyebabkan Nabi Muhammad kehilangan pelindung yang senantiasa melindungi dirinya dari berbagai bentuk ancaman.
Kepergian dari Abu Thalib memberikan peluang kepada Kaum Kafir Quraisy untuk melakukan tindakan yang menjadi-jadi kepada Nabi Muhammad dan para pengikutnya. Kaum Quraisy semakin gila melancarkan intimidasi kepada kaum Muslimin.

3. Adanya Bai’at dari Umat Islam di Madinah

Tahun 621 Masehi, datanglah 13 orang yakni penduduk Madinah yang menemui Rasulullah di Bukit Aqaba. Mereka berikrar untuk memeluk Agaa Islam. Peristiwa ini disebut dengan Bai’at Aqabah I.
Di tahun 622 Masehi, datang lagi sebanyak 73 orang dari Madinah ke Mekah yang terdiri dari Suku Aus dan Suku Khazraj yang pada awalnya memang mereka datang untuk melakukan Ibadah Haji, akan tetapi kemudian menjumpai Rasulullah dan mengajak beliau agar behijrah ke Madinah. Mereka berjanji untuk membela dan mempertahankan Rasulullah dan pengikutnya serta melindungi keluarganya seperti mereka melindungi anak dan istri mereka sendiri. Peristiwa ini dinamakan Bai’at Aqabah II.

4. Pemboikotan dari Kaum Quraisy

Faktor lainnya yang mendorong Rasulullah untuk berhijrah dari Kota Mekah ke Madinah yakni adanya pemboikotan yang dilakukan oleh Kaum Kafir Quraisy kepada Rasulullah dan para pengikutnya (Bani Hasyim dan Bani Muthallib). Pemboikotan yang dilakukan kepada mereka adalah diantaranya :

  1. Melarang setiap perdagangan dan bisnis dengan pendukung Nabi Muhammad SAW.
  2. Tidak ada seorangpun yang berhak mengadakan ikatan perkawinan dengan orang muslim.
  3. Melarang keras untuk bergaul dengan kaum muslim.
  4. Musuh Nabi Muhammad harus didukung dalam berbagai keadaan bagaimanapun.

__________________________________________________

Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Terbaik dan Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top