fbpx

Hikmah Membaca Al Quran | Kata Siapa Membaca Al Quran Menghabiskan Banyak Waktu?

Hikmah membaca Al Quran
Hikmah Membaca Al Quran

Hikmah Membaca Al Quran dan bagaimana keberkahannya pada waktu. Banyak yang mengira membaca Al-Quran akan menghabiskan banyak waktu, padahal banyak hikmah yang didapat dengan membaca Al-Qur’an diantaranya mendapatkan keberkahan waktu dan ketenangan hati.

Memuliakan Al-Quran

Memuliakan Al Quran merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Sebab, Al Quran merupakan firman Allah SWT yang perlu kita jaga. Dan menjaganya, bukan berarti kita berdiam diri di dekat mushaf Al Quran dalam jangka waktu yang lama agar tidak ada yang merusaknya. Bukan pula, kita menyimpan mushaf Al Quran di tempat yang paling steril.

Banyak kita menganggap bahwa membaca Al Quran menghabiskan banyak waktu sehingga berat untuk melakukannya. Padahal justru sebaliknya. Mau tahu kenapa demikian? Berikut ulasan tentang Hikmah Membaca Al Quran

Membaca Al Quran Menghabiskan Banyak Waktu?

Secara hitungan matematis, membaca Al Quran tampak seakan-akan mengurangi waktu kita. Dari total 24 jam dalam sehari, seolah-olah berkurang sekian detik, sekian menit hingga sekian jam jika digunakan untuk membaca Al Quran.

Tapi, tahukah kamu bahwa waktu yang kamu gunakan untuk membaca Al Quran itu sebenarnya tidak hilang begitu saja. Ia akan diganti oleh Allah dengan keberkahan yang berlipat ganda.

Apa itu keberkahan?

Keberkahan artinya pertambahan dan pertumbuhan. Wujudnya bisa bermacam-macam. Misalnya, pekerjaanmu beres, produktivitasmu meningkat, keuntunganmu bertambah, kesehatanmu terjaga dan seterusnya. Itu adalah wujud keberkahan yang akan diperoleh oleh orang yang membaca Al Quran.

Pernahkah anda mendengar tentang orang yang stress? Atau orang yang sedang kebingungan mencari inspirasi? Atau orang yang kesulitan menyelesaikan pekerjaannya? Atau orang yang waktunya habis sia-sia tanpa produktivitas? Itu adalah bentuk-bentuk kehilangan umur yang disebabkan tidak berkahnya waktu.

Perintah membaca Al Quran itu turun dari Allah langsung sehingga tidak perlu diragukan kebenarannya. Namun yang namanya manusia, rasa penasaran akan manfaat di balik perintah senantiasa diteliti. Itu semua tak lain sebagai sarana untuk semakin menambah keimanan kita terhadap Allah. 

Ibrahim bin Abdul Wahid Al Maqdisi berwasiat kepada Al Dhiya Al Maqdisi sebelum yang terakhir pergi menuntut ilmu:

Perbanyaklah membaca Al Quran. Jangan kamu tinggalkan. Karena kemudahan yang akan kamu peroleh dalam pencarianmu akan berbanding lurus dengan kadar yang kamu baca.

Al Dhiya mengatakan, “Lalu aku renungi hal itu dan aku praktekkan berkali-kali. Setiap kali aku membaca banyak, semakin mudah aku menghafal hadits dan menulisnya. Jika aku tidak membaca, tidak mudah aku melakukannya.”

Jadi, jelaslah bahwa membaca Al Quran membawa keberkahan sehingga waktu yang kita miliki bisa lebih bermakna dengannya.

Jangan kamu membaca Al Quran di waktu luangmu, tapi luangkanlah waktumu untuk membaca Al Quran. Membaca Al Quran tidak akan mengurangi waktumu. Justru sebaliknya, ia akan menambah waktumu.

Sekilas Tentang SMP Khairunnas

SMP Khairunnas merupakan SMP islam yang berbasis boarding school atau pesantren dan terfokus pada Tahfidz Quran. SMP Pesantren Khairunnas telah hadir di beberapa kota, antara lain Tuban, Malang, Madiun, dan juga Gresik.

Tuban

Malang

Madiun

Gresik

  • Siti Fatimah Binti Maimun Gg Tambang II No.09 GKB – Gresik ( 031 9910 3377 / 0821 2751 7003 )

Selengkapnya tentang SMP Khairunnas disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top