fbpx

KEUTAMAAN-KEUTAMAAN “BULAN RAMADHAN”

Bulan Ramadhan

Meskipun di tengah pandemi virus corona Covid-19, umat Islam bersuka cita menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan yang dipercaya sebagai bulan yang suci dan penuh berkah bagi umat muslim.

Supaya Ramadhan kali ini kita bisa menjadi yang lebih lebih baik lagi, mari kita simak beberapa keistimewaan dari bulan Ramadhan berikut ini. 

Apa Saja Keutamaan Bulan Ramadhan?

  1. Malam Seribu Bulan

Lailatul Qadar adalah suatu malam penting yang terjadi saat bulan Ramadhan. Dalam Al Quran, malam lailatul qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari pada malam seribu bulan. Kita bisa mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan malam seribu bulan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, terlebih pada 10 hari terakhir bulan puasa.

  1. Malam Diturunkannya Al Quran

Keutamaan Bulan Ramadhan juga menjadi bulan dimana Al Quran diturunkan. Al Quran diturunkan untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya terang, mengarahkan manusia kepada jalan yang benar dan menjauhkan kepada jalan yang menyimpang. Turunnya Al Quran di bulan Ramadhan tertulis dalam

(QS: Al Baqarah ayat 185)

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ 

Bulan Ramadhan yang telah diturunkan di dalamnya Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelas dari petunjuk dan pembeda. (Al Baqarah: 185)

  1. Setiap Amal Akan Dilipatgandakan

Pada bulan Ramadhan, setiap amalan yang dilakukan pasti akan mendapat pahala yang besar. Khusus di bulan ini, ibadah yang kita jalankan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda. Ada banyak amalan serta ibadah istimewa yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan, seperti solat tarawih dan memberi makan orang yang berpuasa.

  1. Bulan Dikabulkannya Doa

Bulan Ramadhan kali ini bisa kamu manfaatkan untuk memanjatkan semua doa dan keinginan, karena niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa yang kamu panjatkan. Allah SWT juga melimpahkan ampunan-Nya kepada orang-orang yang melaksanakan puasa Ramadhan atas dasar keimanan yang jujur dan mengharapkan pahala di sisi Allah SWT.

  1. Bulan Penuh Berkah

Keberkahan bulan Ramadhan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Sepuluh malam pertama adalah periode penuh rahmat Allah
  • Setelah 10 hari pertama atau 10 hari kedua berisi dengan banyak maghfirah atau ampunan
  • 10 hari terakhir sebagai periode pembebas manusia dari api neraka.

Dapat dikatakan, setiap harinya dalam bulan Ramadhan penuh dengan keberkahan. Jika kita menjalani seluruh ibadah wajib dan sunnah pada bulan Ramadhan, maka insyaa Allah  setiap harinya akan ada berkah yang kita dapatkan.

Keistimewaan bulan Ramadhan memang luar biasa, Mari persiapkan diri untuk menyambut Ramadhan. dan semoga kita mendapat banyak pahala dan berkah di bulan yang mulia, yaitu bulan Ramadhan.

dI Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Pesantren Khairunnas :
Hotline : 085655455301
Office : Perum Ikip Gunung Anyar B-48 ,Surabaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top