fbpx

KUNCI HIDUP SUKSES “SUKSES TAK SELALU SOAL HARTA”

Oleh: Riska Ayu P P

Apakah yang menjadi kunci sukses? Hidup seperti apa yang akan kita pilih? Dan jalan mana yang akan kita lalui untuk menggapainya?

Kunci Hidup Sukses

Pertanyaan seperti ini mungkin sering ada dibenak kita semua. Bahwa hidup merupakan sebuah harapan/ goals dalam hati nurani apabila kita bisa meraihnya. Kebanyakan orang mendefinisikan Sukses Hidup adalah orang yang memiliki Harta yang melimpah, pekerjaan yang mapan, rumah yang mewah ataupun kendaraan yang silih berganti. Hal ini yang menjadikan setiap orang berfikir monoton dan salah Kaprah, Padahal Hidup Sukses Itu bisa diraih dengan kebahagiaan sederhana dan bahkan kebanyakan setiap orang sering melupakannya.

Sebagai Setiap orang bisa meraih Kunci Sukses Hidup dengan melakukan beberapa hal sederhana lainya seperti:

  1. Dengan selalu memberikan maaf. Jika setiap orang selalu memiliki jiwa untuk memaafkan atau meminta maaf terlebih dulu tentunya didalam diri akan terus mengalir sebuah energi positif dan mampu menghilangkan dendam atau aura negartif dalam diri seseorang. Sehingga kita selalu berfikir maju disetiap saat

“Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kalian bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah. Dan hendaklah mereka memberi maaf dan berlapang dada. Apakah kalian tidak ingin Allah mengampuni kalian? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. An-Nur: 22).

  1. Berprasangka Baik. Dengan kita memiliki sifat demikian maka apapun yang akan kita lakukan selalu dilandasi dengan kesungguhan hati, kepercayaan dan kekuatan dalam diri untuk meraihnya. Tentunya kita harus selalu berprasangka baik kepada Allah SWT yang insya allah akan selalu memberikan petunjuk untuk meraih impian kita. Jadi, berprasangka baiklah kepada Allah. Apalagi, Allah Ta’ala akan memposisikan hamba sesuai dengan prasangkanya kepada-Nya. 
  2. Selalu meminimalisir kesalahan. Kebanyakan setiap orang saat ini seringkali mengabaikan proses dalam meraih sesuatu, semua yang diinginkan serba instan tanpa mau bersusah payah terlebih dahulu. Tak banyak orang yang merasa kalang kabut ketika mereka tidak bisa menerima cobaan dengan sabar. Jadi, dalam hidup jangan pernah abaikan proses dan syariat. Pastikan proses kita lalui dengan baik dan mantabkan diri bahwa proses yang dijalani sesuai dengan ketentuan syariat. Di sinilah mujahadah itu harus diupayakan.

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut [29]: 69).

  1. Menjaga Amanah dengan baik, Apabila kita dapat menjaga kepercayaan orang lain yang diberikan kepada kita dan kita selalu menjauhkan diri dengan perbuatan khianat Maka Insya allah akan kita semua akan selalu didekatan dengan kenyataan dan keselamatan.
  2. Selalau menjadikan Pengalaman sebagai guru terbaik. Setiap orang selalu pernah mengalami yang namanya kegagalan sebelum meraih kesuksesan tetapi setiap jalan yang dilalui apabila kita dapat mengambil pelajaran yang berharga insya allah kita akan terhindar dari kesalahan yang sama dan mendekatkan diri pada GOALS.

Inilah beberapa tips dalam meraih kesuksesan hidup. Pada intinya Sukses Hidup tidak serta merta mengenai harta duniawi tetapi hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan apabila kita mengerjakan dengan disiplin dan kesungguhan hati Insya Allah sebuah pertolongan akan dating kepada kita. Tentunya Dalam meraih sebuah kesuksesan Hidup antara duniawi dan surgawi harus berjalan dengan seimbang  disertai dengan Usaha, ketawaqalan dan Ikhtiar dalam diri.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top