fbpx

Menyambut Bulan Suci Ramdhan , Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan , Marhaban diambil dari kata raheb yang berarti luas atau lebar. Kata ini biasanya diucapkan ketika ada tamu yang datang kemudian pemilik rumah menyambutnya dengan kata “marhaban”.

Artinya tamu tersebut disambut dengan hati lapang penuh kegembiraan. Makna lain dari kata raheb adalah tempat perhentian musafir untuk memperbaiki kendaraan dan mengambil bekal perjalanan.

Kenapa kata marhaban disandingkan dengan Bulan Ramadhan?

Karena Ramadhan adalah tamu yang agung. Ia pantas uuntuk disambut dengan penuh kegembiraan dan tentunya dengan hati yang lapang.

Hadirnya Bulan Ramadhan memberikan kesadaran pada umat Islam bahwa inilah waktunya untuk memaksimalkan amal shalih.

Karena pada bulan ini segala amal pahalanya dilipatgandakan. Segala hal dimudahkan.

Ustadz Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa kondisi terbaik untuk beramal adalah ketika kita sedang berpuasa.

Karena ketika berpuasa diri kita akan terbentengi dengan segala macam kemaksiatan. Ingin marah tapi ingat lagi puasa, ingin berzinah tapi ingat lagi puasa, dan seterusnya.

Dalam kondisi puasa juga amalan kita menjadi jauh lebih banyak yang bisa diamalkan. Seperti kalau jam makan siang yang biasanya kita makan bisa dimaksimalkan dengan membaca Al-Qur’an.

Terlebih ketika Bulan Ramadhan. Dimana segala hal dikondisikan termasuk jam kerja. Kalau biasanya kita bekerja selama 8 jam, pada Bulan Ramadhan biasanya menjadi hanya 6 jam.

Waktu yang tersisa tersebut bisa dimaksimalkan dengan memperbanyak amal shalih.

Melihat banyaknya peluang kebaikan yang bisa dikerjakan dan juga janji Allah akan pahala yang berlipat ganda tentunya membuat kita termotivasi dan menyambut bulan ini dengan penuh suka cita.

Sehingga makna marhaban ya ramadhan tidak sekedar selamat datang Bulan Ramadhan. Tetapi juga sambutan selamat datang dengan hati yang lapang dan rasa bahagia yang sangat kepada tamu yang agung.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Pesantren Khairunnas
Hotline : 085655455301
Office : Perum Ikip Gunung Anyar B-48 Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top