fbpx

Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini

Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini – Sebagai orang tua tentu kita perlu memperhatikan nilai-nilai yang diterapkan dalam pendidikan anak, termasuk nilai agama dan nilai moral. Itu sebabnya bukan hanya sekedar lingkungan tempat tinggal yang perlu diperhatikan, tapi juga lingkungan sekolah, tempat dimana anak-anak menuntut ilmu. Berikut adalah ulasan mengenai pentingnya nilai agama dan moral bagi anak usia dini.

Peran Keluarga dan Lembaga Pendidikan

Anak adalah penerus generasi keluarga dan bangsa, perlu mendapat pendidikan yang baik sehingga potensi-potensi dirinya dapat berkembang dengan pesat, sehingga akan tumbuh menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang tangguh dan memiliki berbagai macam kemampuan dan keterampilan yang bermanfaat. Oleh karena itu penting bagi keluarga, lembaga-lembaga pendidikan berperan dan bertanggung jawab dalam memberikan berbagai macam stimulasi dan bimbingan yang tepat sehingga akan tercipta generasi penerus yang tangguh.

Pentingnya nilai agama dan moral pada anak

Dalam hal ini tentu orang tualah yang paling bertanggung jawab, karena pendidikan yang utama dan pertama adalah pendidikan dalam keluarga. Keluarga tidak hanya sekedar berfungsi sebagai persekutuan sosial, tetapi juga merupakan lembaga pendidikan. oleh sebab itu kedua orang tua bahkan semua orang dewasa berkewajiban membantu, merawat, membimbing dan mengarahkan anak-anak yang belum dewasa di lingkungannya dalam pertumbuhan dan perkembangan mencapai kedewasaan masing-masing dan dapat membentuk kepribadian, karena pada masa usia dini adalah masa peletakan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, moral dan agama.

Peran orang tua juga sangat berpengaruh bagi tingkat keimanan anak melalui bimbingan orang tua anak dapat dibimbing untuk mengenal siapa itu Tuhan, sifat-sifat Tuhan, bagaimana kewajiban manusia terhadap tuhan.

Perkembangan nilai-nilai moral dan agama adalah kemampuan anak untuk bersikap dan bertingah laku. Islam telah mengajarkan nilai-nilai positif yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran terkait nilai nilai moral dan agama.

Pendidikan Nilai Moral dan Agama di KB-TK Khairunnas

KB-TK Khairunnas

Di lembaga pendidikan  KB-TK KHAIRUNNAS, moral dan nilai-nilai agama ditanamkan melalui pembiasaan. Salah satu perilaku yang ditanamkan adalah berdo’a sebelum dan setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Berdoa sebelum makan, setelah makan dan do’a-do’a lain yang disertakan artinya, sehingga anak hafal apa yang diucapkan dan tahu maksud ucapannya. Beberapa do’a tersebut secara rutin dibiasakan pada anak dengan cara anak diminta mengucapkan do’a-do’a tersebut dengan suara yang lembut dan khusyu’.

Pembiasaan Nilai Agama dan Moral di KB-TK Khairunnas

Pengenalan doa

Pengenalan doa lebih bermakna apabila pendidik berusaha menghadirkan situasi nyata dalam bentuk kegiatan sehari-hari baik dirumah maupun disekolah. Ketika anak hendak belajar pendidik mengajak anak berdo’a yang sebelumnya dijelaskan kenapa kita harus berdo’a, dan menjelaskan pula makna do’a yang diucapkannya, sehingga, do’a–do’a yang sering diajarkan guru atau pendidik akan dimengerti anak maksud dan makna dari do’a tersebut. Proses pembelajaran tersebut ditanamkan secara terus menerus melalui pembiasaan anak secara langsung ketika akan melakukan suatu kegiatan. Diharapkan bacaan do’a tersebut akan semakin ”menginternal” dalam diri anak dan akan membawa pengaruh dalam perilaku anak sehari-hari.

Belajar dilakukan sambil bermain

Belajar dilakukan sambil bermain. Belajar melalui bermain dapat memberi kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berkreasi, dan belajar secara menyenangkan. Bermain juga dapat membantu anak mengenal dirinya sendiri, dengan siapa ia hidup, dan dilingkungan mana ia hidup. Bermain merupakan sarana belajar, muncul dari dalam diri anak, bebas dan terbebas dari aturan yang mengikat, aktivitas nyata, berfokus pada proses dari pada hasil, harus didominasi oleh pemain, serta melibatkan peran aktif dari pemain.

Sekilas tentang KB-TK Khairunnas

Visi & Misi

Visi :
Menjadi Lembaga pendidikan Islam yang HANDAL dalam mencetak generasi Qurani pemimpin
peradaban masa depan.

Misi :
1. Menguatkan Akidah Tauhid
2. Meneladankan akhlak dan ketakwaan
3. Mengembangkan Potensi dan Bakat
4. Tanggap terhadap tantangan dan potensi masa depan

DAYCARE /TK/KB SURABAYA

DAYCARE / TK / KB Sidoarjo

  • Puri Surya Jaya Cluster Taman Athena Blok H-2 No.07 (Daycare & KB)
  • Perum Orhid Regency Blok G No.18 Sidodadi – Candi ( Daycare)

DAYCARE /TK/KB BOJONEGORO

  •  Jl. Lisman Gg Baeno 2 Lr.2 Kel. Campurejo Bojonegoro (Daycare)

DAYCARE /TK/KB TUBAN

  • Alamat kantor;  Jl delima no 70 perbon
  • Alamat sekolah; Jl Mastrip 3 gg koskosan no 01 kel karang kec. Semanding kab Tuban

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top