fbpx

Menstimulus Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini

Menstimulus Perkembangan Kognitif pada Anak merupakan salah satu hal yang perlu orang tua ketahui. Berikut penjelasan yang dirangkum oleh Pesantren Khairunnas mengenai perngertian perkembangan kognitif pada anak dan apa saja yang perlu dilakukan untuk stimulasinya

Menstimulus Perkembangan Kognitif
Menstimulus Perkembangan Kognitif

Pengertian Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif anak adalah perkembangan yang berkaitan dengan kecerdasan anak yang diperlihatkan melalui kemampuan mengingat, mengenal dan memahami berbagai objek. Anak akan mudah menyesuaikan pribadi dan sosialnya jika mereka memiliki pengertian dan pemahaman yang cukup banyak tentang orang, peristiwa, benda.

Pemahaman atau pengertian anak dapat berkembang diperoleh dari hasil kematangan intelektual dan dari pengetahuan yang diperoleh anak dalam periode yang cukup panjang. Kemampuan untuk dapat memahami atau mengerti mengandung proses berpikir. Pada tahap daya berpikir terdapat tahap sensori motor yang terjadi pada usia anak 2th. Tahap ini anak belajar melalui indra dan gerakan serta interaksi dengan lingkungan fisik.

Apa itu Tahap Praoperasional?

Adapun tahap praoperasional yang terjadi pada usia anak 2-7 tahun yaitu tahap pemikiran anak masih didominasi oleh hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik dan persepsinya sendiri, dimulai dengan pengusaan bahasa yang sistematis, permainan simbolik, semua proses menunjukkan bahwa anak sudah mampu untuk melakukan tingkah laku simbolik.

Stimulus Perkembangan Kognitif pada Anak

Pembahasan kali ini tentang kegiatan anak mengenal warna dan bentuk sebagai dasar dari tahapan perkembangan kognitif. Untuk menstimulus perkembangan kognitif anak dapat dilakukan melaui beberapa permainan edukatif seperti berikut ini:

1. Tebak Bentuk

Kotak bentuk adalah jenis permainan anak yang mengenalkan bentuk pada anak. Cukup dengan kotak bentuk yang berisi potongan bentuk disetiap sisi dan bisa dilepas. Mainan ini akan mengembangkan keterampilan berpikir dan klasifikasi; ketelitian, kefokusan dan konsentrasi; kemampuan memasangkan sesuatu dengan pasangannya.

2. Mengumpulkan Benda Berwarna Sama

Mengumpulkan benda yang berwarna sebagai pengenalan anak pada warna yang terdapat pada benda tersebut. Dalam kegiatan ini anak menjadi paham konsep warna; daya ingat, kefokusan dan konsentrasi; kemampuan menyelesaikan masalah.

3. Sorting Shapes

Bermain sorting shape agar anak dapat mengetahui apakah anak mampu membedakan beragam bentuk, seperti bentuk hati, segitiga, bulat, persegi dan sebagainya. Kita dapat mengenalkan berbagai  bentuk kepada anak, dengan menunjukkan bentuk sambil menyebutkan namanya. Kegiatan ini, anak mampu mengenal warna, konsep dan bentuk; koordinasi mata dan tangan anak; daya ingat, ketelitian, kefokusan, dan konsentrasi; mampu menyelesaikan masalah.

Sekilas Tentang Daycare/KB/TK Khairunnas

TK Khairunnas merupakan TK Islam yang berfokus pada menanamkan Akhlak dan karakter islami untuk Ananda serta fokus pada hafalan Al-Quran. Sehingga DAYCARE KB TK Khairunnas dapat menciptakan generasi islami Hafidz Quran dimulai dari dini. Dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap, Daycare KB TK Khairunnas menerapkan pembelajaran yang interaktif yang mampu mengembangkan keterampilan anak baik kreativitas, akademik, serta kompetensi yang sehingga anak menjadi senang setiap harinya. Kegiatan – kegiatan sederhana yang kami rasa bisa meningkatkan keterampilan Ananda seperti outing class, Olahraga, dan Jumat Entrepreneur dimana Ananda dilatih untuk mengenal tentang dunia Entrepreneur, meningkatkan skill kreativitas, negosiasi dan menumbuhkan mindset Anak.

DAYCARE /TK/KB SURABAYA

DAYCARE / TK / KB Sidoarjo

  • Puri Surya Jaya Cluster Taman Athena Blok H-2 No.07 (Daycare & KB)
  • Perum Orhid Regency Blok G No.18 Sidodadi – Candi ( Daycare)

DAYCARE /TK/KB BOJONEGORO

  •  Jl. Lisman Gg Baeno 2 Lr.2 Kel. Campurejo Bojonegoro (Daycare)

DAYCARE /TK/KB TUBAN

  • Alamat kantor;  Jl delima no 70 perbon
  • Alamat sekolah; Jl Mastrip 3 gg koskosan no 01 kel karang kec. Semanding kab Tuban

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top