fbpx

Puasa Sunnah dan Manfaatnya

Puasa sunnah dan manfaatnya

Puasa sunnah merupakan ibadah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Ketahuilah bahwa Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan sesuatu yang tidak ada manfaatnya. Apalagi jika ajaran itu berbentuk ibadah.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan di lipat ganda kan dengan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kebaikan yang setimpal. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),“Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya, karena seseorang itu telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sesungguhnya aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada harum minyak kasturi.”

Pertama, menahan diri dari nafsu

Puasa sunnah dilakukan dengan cara menahan diri dari segala hal yang berhubungan dengan nafsu dunia. Mulai dari Subuh hingga azan Maghrib berkumandang. Larangan untuk makan, minum dan berhubungan suami istri adalah sebuah latihan untuk membuat kita mampu mengelola hawa nafsu dan emosi. Puasa sunnah juga mengajarkan kita untuk sabar dan makan dengan jumlah yang sewajarnya saat sahur dan berbuka.

Kedua, melatih hidup sederhana

ketika seseorang melakukan puasa sunnah, pasti hemat karena konsumsi makanan berkurang. Ketiga menjaga kehatan tubuh. Puasa sudah lama diketahui bias membuat tubuh membuang racun-racun didalamnya. Dengan melakukan puasa,tubuh secara otomatis akan melakukan detoksifikasi sekaligus beristirahat dari segala macam makanan dan minuman.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahawa puasa bisa membantu menurunkan kadar gula dan kolestrol dalam darah. Penderita penyakit seperti diabetes dan obesitas dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk berpuasa. Puasa sunnah bisa menjadi pilihan ibadah yang menyehatkan untuk kita.

Ketiga, membiasakan diri taat beribadah

memilih salah satu dari jenis puasa sunnah dan melakukannya secara konsisten akan membuat kita terbiasa dalam ibadah. Dengan melaksanakan ibadah sunnah, ibadah wajib pun akan menjadi semakin mudah dilaksanakan. Kelima, meniru kebiasaan mulia Rasullullah SAW. Seperti yang telah di sebutkan dalam Al-Qur’an, Rasulullah adalah sebaik-baiknya suri tauladan. Segala kebaikan yang dilakukan oleh beliau adalah contoh yang patut kita contoh, termasuk kebiasaannya melakukan puasa sunnah. Semoga Allah mudahkan langkah kita untuk terus menuju pada kebaikan yang bisa mengantarkan pada syurgaNya kelak

Informasi Pendaftaran : 085655520017/ 085655455301 atau bisa langsung datang ke kantor pusat Jl.Perum Ikip Gunung Anyar B-48 Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top