fbpx

Raih Sukses dengan Fokus pada Bakatmu

Assalamu’alaikum wr. wb.

Berbicara soal bakat sebenarnya saya tidak berbakat menulis, tetapi ini saya lakukan untuk memenuhi tugas saya menulis sebuah artikel setiap bulannya. Yah… di SMP Khairunnas setiap guru diminta untuk menulis artikel setiap bulannya yang nantinya akan di muat di website resmi kami ini. Ini juga demi menggali bakat-bakat terpendam dari guru-guru di sini, siapa tau diantara kami ada yang meliliki bakat sebagai penulis. Saya mendapat tema tentang bakat, sempat bingung juga karena merangkai kata bukanlah hal yang mudah bagi saya, karena background saya adalah matematika, saya biasa bergelut dengan angka bukan dengan rangkaian kata yang membentuk kalimat yang panjang, karena itu saya akan bercerita saja tentang pengalaman saya selama mengajar di SMP Khairunnas. Raih sukses dengan fokus pada bakatmu

Fokus pada Bakatmu

Setiap tahun ada banyak sekali even-even lomba baik akademik maupun non akademik dan kami memilki target membawa pulang setidaknya dua puluh tropi dalam setahun. Awalnya terasa berat untuk memenuhi target tersebut, akan tetapi dengan karunia Allah SWT yang luar biasa kami mampu melampaui target setiap tahunnya. Tropi-tropi yang berhasil kami raih tersebar merata di berbagai bidang, baik di bidang akademik, non akademik, dan tahfidz. Kata kunci dari keberhasilan kami adalah “fokus pada bakatmu”.

“Fokus pada bakatmu” itulah yang selalu kami tekankan kepada anak-anak. Setiap anak terlahir istimewa dengan bakat alami yang merupakan anugrah dari Allah SWT. Tidak setiap anak memliki bakat di bidang akademik, tidak semua anak pandai di matematika atau IPA. Ibarat kata “Ikan tidak akan pernah menang lomba memanjat pohon dengan kera, demikian juga sebaliknya kera tidak akan pernah menang lomba renang dengan ikan”, artinya setiap anak harus mengatahui dimana letak potensi bakatnya kemudian fokus di bakat tersebut untuk terus diasah agar semakin tajam. Bukan berarti mengabaikan bidang lain yang bukan bakatnya, akan tetapi bidang yang merupakan bakatnya mendapatkan porsi yang lebih dibandingkan bidang lain dimana di bidang tersebut anak kurang berbakat. 

Sebut saja satu nama yaitu Nabila Alya Zahida, Alya panggilannya, dia salah satu santri kami yang berprestasi di pelajaran IPA, peringkat 3 besar OSN tingkkat kabupaten Tuban mata pelajaran IPA. Nilai-nilainya di semua mata pelajaran selalu bagus, ketika masih kelas 7 semua even lomba dia ikuti, dari lomba bahasa, matematika, IPA, dan tahfidz. Iya, dia memang pandai di semua pelajaran bahkan juga di bidang tahfidz, belum lama ini tepatnya pada tanggal 13 Maret 2020, dia telah menyelesaikan hafalan 30 juz, Masya Allah. Ketika masih di kelas 7 belum banyak prestasi yang dia raih, padahal kami tahu sebenarnya anak ini mampu, hingga akhirnya kita temukan akar masalahnya yaitu dia belum fokus pada salah satu bidang untuk lebih ditekuni dan didalami. Semua lomba ingin dia ikuti, setelah mendapat pengarahan dari guru-guru, akhirnya dia lebih memilih mengasah bakatnya di bidang IPA. Sebagai guru matematika yang pernah membimbingnya di satu sisi saya agak kecewa karena dia lebih memilih IPA daripada matematika, tetapi di sisi lain saya juga bahagia karena akhirnya dia bisa fokus di satu bidang dan alhamdulillah setelah dia fokus prestasi demi prestasi dia raih di bidang IPA. Prestasi terakhir yang dia raih adalah juara 1 dalam olimpiade IPA Z-Fest Education Olympiad tingkat Jawa Timur.

Di bidang olah raga ada Muhaimin, dia fokus pada bakatnya lari dan tolak peluru. Ada lagi Rangga si kecil langganan medali emas kejuaran Taekwondo, Icha langganan juara MTQ, Robert langganan juara di bidang MHQ, lubis langganan juara di bidang pidato, Hida dan Salma duo maut dengan suara menggelegar ketika membaca puisi, Faza fokus di matematika sehingga kemampuannya mampu melebihi kakak-kakak kelasnya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan fokus di salah satu bidang yang merupakan bakatnya maka sukses lebih mudah di raih. Raih sukses dengan fokus pada bakatmu.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top