fbpx

Adab Pelajar terhadap Pelajarannya

Adab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kehalusan dan kebaikan budi pekerti seseorang. Adab adalah bagian terpenting dari kehidupan beragama, sebab adab berkaitan dengan akhlak. Bagi laki-laki dan perempuan muslim mencari ilmu termasuk dalam kategori wajib. Dalam Al-Qur’an, orang berilmu akan Allah berikan derajat kemuliaan di sisi-Nya dan juga di sisi manusia. Derajat kemuliaan itu didapat apabila dalam mencari ilmu para pelajar memiliki adabnya. Ada beberapa adab yang harus dimiliki seorang pelajar, salah satunya adalah adab terhadap pelajarannya. KH M. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul Alim wal Muta’allim menjelaskan ada tiga belas etika seorang pelajar yang berkaitan dengan buku pelajarannya.

SMP Tahdiz Quran

SMP Tahfidz Quran mengajarkan beberapa Adab antara lain
Adab pertama yaitu memulai belajar ilmu fardhu ‘ain. Terlebih dahulu seorang pelajar harus mempelajari 4 materi ilmu. (1) Ilmu tentang zat Allah yakni meyakini bahwa Allah adalah zat yang wujud, dahulu, kekal, dibersihkan dari sifat-sifat kurang dan memiliki sifat-sifat kesempurnaan. (2) Ilmu tentang sifat-sifat Allah yakni mengetahui seluruh sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz Allah. (3) Ilmu fiqih yakni mengetahui dasar-dasar fiqih yang berkaitan dengan keabsahan ibadahnya sehari-sehari, diantaranya wudhu, sholat, puasa, dan lain sebagainya. (4) Ilmu tasawuf yakni tentang menata hati sebagai bekal pengetahuannya agar tidak memiliki sifat-sifat tercela.

Adab kedua yaitu mempelajari Al-Qur’an. Setelah memahami ilmu fardhu ‘ain, hendaknya pelajar bersungguh-sungguh mempelajari tafsir dan ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Anjuran dari KH M. Hasyim Asy’ari untuk para pelajar yaitu menghafalkan kitab yang menjadi penunjang dalam memahami Al-Qur’an. Diantaranya ilmu mushtalah hadits, ushul fiqih, ushul aqidah, nahwu, dan sharaf. Adab kedua ini merupakan tradisi yang selalu dilestarikan di Pesantren Tahfidz Khairunnas. Dimana setiap pelajar diwajibkan memiliki hafalan Qur’an selama menempuh jenjang pendidikan tertentu. Misalnya di jenjang SMP, pelajar harus mampu meghafal Al-Qur’an sebanyak 6 Juz.

Adab ketiga yaitu fokus dalam mempelajari satu disiplin ilmu atau kitab tertentu. Saat masih pemula, hendaknya menghindari mengkaji banyak kitab secara terpisah-pisah dan terpotong-potong. Demikian pula dengan berpindah-pindah dari satu kitab ke kitab lain sebelum mengkhatamkannya. Sebab, hal itu dapat menyia-nyiakan waktu dan merupakan tanda-tanda kegagalan dalam belajar. Tindakan yang benar adalah menguasai satu kitab secara utuh dan matang. Setelah memahami kitab tertentu, segeralah mengamalkannya. Sebab hal tersebut merupakan tujuan utama dari ilmu itu sendiri.

DI SMP Tahfidz Quran Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Pesantren Khairunnas
Hotline : 085655455301
Office : Perum Ikip Gunung Anyar B-48 Surabaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top