fbpx

Tips Memilih Sekolah Islam untuk Anak

Memilih sekolah islam

Memilih sekolah Islam untuk anak daat ini menjadi prioritas bagi kebanyakan orang tua. Sekolah berbasis Islam saat ini menjadi tujuan banyak orang tua untuk menitipkan putra-putri nya untuk menuntut ilmu. Karena perkembangan zaman yang semakin cepat, mendidik Anak agar menjadi anak yang soleh dan berkarakteristik Islami tentunya bisa dibantu dengan memasukkan ananda ke sekolah berbasis Islam.

Saat ini sekolah berbasis Islam sudah banyak hadir dimana-mana, dari jenjang paling kecil di TK hingga ke Perguruan tinggi. Dari yang bersifat swasta maupun negeri. Namun karena semakin banyaknya pilihan sekolah-sekolah berbasis Islam diluar sana, semakin banyak pertimbangan dari orang tua yang harus dipikirkan agar menemukan Sekolah Islam yang baik untuk Anak.

Memilih sekolah islam

Oleh karena itu, yuk Ayah Bunda, sebelum memasukan Anak ke sekolah berbasis Islam jangan lupa mempertimbangkan ini :

1. Tujuan Orang Tua

Yang pertama perlu dipertimbangkan adalah tujuan dan niat utama sebagai orang tua yang akan menitipkan anaknya di sekolah berbasis Islam. Karena ada beberapa orang tua yang masih menganggap pendidikan berbasis Agama masih belum penting untuk dipelajari pada saat usia anak masih dini. Sedangkan untuk orang tua yang memiliki tujuan baik untuk sang anak sesuai dengan agama Islam, Bagaimana orang tua memaknai kesuksesan yaitu sukses di dunia dan juga di akhirat. Maka dari itu, mereka memilih sekolah dasar Islam untuk anak.

2. Kemampuan Orang Tua

Yang kedua yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan Orang Tua, kemampuan Fisik dan Finansial. Karena seperti yang kita ketahui, kebanyakan sekolah yang membasis Islam adalah sekolah yang dikelola oleh swasta, yang kemungkinan biaya investasinya kebih mahal dari sekolah negri.

Saat ini, Pesantren Khairunnas memiliki Program Beasiswa untuk calon santrinya yang termasuk yatim atau Dhuafa. Sekitar 50% dari total murid baik dari jenjang SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi (KEPQ) merupakan penerima beasiswa untuk yatim dan Dhuafa. Oleh karena itu Beasiswa Tahfidz dari Pesantren Khairunnas bisa dimanfaatkan bagi orang tua yang masih mempunyai pertimbangan karena Finansial bisa mencoba untuk mendaftar di Pesantren Khairunnas

3. Guru dan Kurikulum Sekolah

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah kurikulum yang diajarkan di sekolah, Cara mengajarkan, cara mengenalkan ilmu ilmu Agama Islam kepada anak, termasuk dari guru atau ustadz dan ustadzahnya. Agar Orang tua dapat memantau apa yang diajarkan kepada anak di sekolah, bagaimana cara pengajarannya yang tentunya orang tua perlu untuk memperhatikan.

Di Pesantren Khairunnas, Ananda akan terfokus utama pada tahfidz Quran dan ilmu pendidikan karakter Islami yang akan tertanam dalam individu Ananda. Disamping itu, pendidikan Akademik juga menjadi fokus yang terus kami dorong.

Pesantren Khairunnas sudah menghasilkan generasi- generasi penghafal Quran serta yang berprestasi dalam dunia akademik.

4. Kondisi Lingkungan Sekolah

Selanjutnya adalah lingkungan sekolah, lingkungan sekolah termasuk dari kebersihan, suasana sekolah, ketertiban, kedisiplinan muridnya serta dari karakter murid-muridnya. Cari Sekolah yang memiliki budaya yang membangun yang saling support satu dengan lainnya baik dari teman, Ustadz dan ustadzah dan kakak kelasnya.

5. Keinginan Anak

Dan yang terakhir adalah keinginan dari Anak itu sendiri. Pastikan sang Anak juga memiliki keinginan untuk mempelajari ilmu Agama Islam yang lebih dari sekolah. Jika belum, coba jelaskan dan beri pengertian kepada anak mengenai pentingnya ilmu Agama saat ini dan untuk kebutuhan sang Anak untuk kebaikannya baik untuk saat ini maupun di masa depan.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Terbaik dan Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top