fbpx

WAHAI GENERASI MUDA, KUASAILAH DUNIA DENGAN BAHASA ASING!

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting. Tanpa bahasa, kita tidak akan mampu menyampaikan maksud atau keinginan kita kepada orang lain. Dengan bahasa, kita bisa menjalin hubungan sosial dengan banyak orang lain dan dengan bahasa pula hubungan sosial kita bisa rusak. Jadi, bahasa ibarat pisau bermata dua, bisa digunakan untuk tujuan yang positif ataupun negatif. Namun, pada pembahasan kali ini kita akan lebih berfokus pada tujuan yang positif saja, salah satunya adalah menguasai bahasa asing untuk kesuksesan masa depan.

Bahasa Asing

Pada era global seperti sekarang ini, mustahil rasanya jika kita tidak berinteraksi dengan bangsa lain. Interaksi itu meliputi kerja sama dalam segala aspek mulai dari sosial budaya, pariwisata, pertahanan dan keamanan dan yang paling sering adalah ekonomi yang diwujudkan dalam bentuk ekspor impor. Untuk memperlancardan mempererat itu semua penguasaan bahasa asing mutlak diperlukan. Ada beberapa bahasa yang menjadi bahasa internasional di antaranya adalah Bahasa Inggris, Mandarin, dan Arab. Namun, yang paling getol diajarkan di bangku sekolah umum maupun pesantren adalah Bahasa Inggris dan Arab.

Jika kita perhatikan dengan seksama, pada berbagai lowongan baik itu lowongan pada media cetak maupun elektronik pada salah satu kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dari calon karyawan adalah kemampuan berbahasa Inggris, baik itu lisan maupun tulis atau minimal tulis saja. Perusahaan membutuhkan tidak hanya karyawan yang smart , tapi juga jago dalam skill komunikasi khususnya bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Mengapa demikian? Karena perusahaan – perusahaan tersebut memiliki banyak klien dari luar negeri. Negosiasi dengan klien akan berjalan lancar jika didukung karyawan dengan skill multilingual yang mumpuni.

Seperti yang sudah disampaikan di paragraf kedua, bahasa asing sudah diajarkan sejak di bangku sekolah. Ini adalah program pemerintah agar para calon generasi penerus bangsa mampu bersaing di tingkat global. Namun, terdapat beberapa tantangan diantaranya belum meratanya kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Seringkali dijumpai, banyak sekolah khususnya yang berasal dari daerah pinggiran kota ataupun pedesaan tidak memiliki sumber daya manusia untuk mengajarkan bahasa asing. Sehingga, siswa kota lebih mahir berbahasa asing daripada siswa daerah pinggiran. Boro – boro bahasa asing, pada aspek mata pelajaran yang lain mereka juga kalah telak. Hal ini perlu dipikirkan bersama oleh pihak – pihak yang berwenang. Selain itu, pada beberapa kasus kecil yang terjadi di hampir semua sekolah adalah siswa mudah bosan jika sudah masuk jam pelajaran bahasa asing ini. Tentu, ini menjadi pekerjaan rumah bagi guru bahasa yang bersangkutan untuk mengemas pembelajaran dengan lebih fun dan menarik.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa bahasa asing sangat penting di zaman sekarang dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, bagi para generasi muda, bekalilah diri kalian dengan kemampuan bahasa asing agar kalian mampu bersaing di era global seperti sekarang ini.

dI Pesantren Khairunnas Santri akan didorong untuk lebih menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Arab melalu pembelajaran dan praktek langsung dalam kegiatan sehari-hari. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top