fbpx

Yuk Cek ini Universitas yang Menyediakan Beasiswa untuk Penghafal Quran

Ditengah – tengah persaingan Siswa kelulusan SMA untuk memasukin perguruan tinggi favorit di Indonesia. Banyak menjadi kegalauan siswa tentang kemana harus melanjutkan jenjang Perguruan Tinggi. Bahkan yang dari jenjang SMP banyak yang bingung memilih kelak setelah lulus SMA. SMA Tahfidz Khairunnas yang terfokus pada Tahfidz Quran ternyata bisa menjadi pilihan yang baik loh. Kenapa? Karena ternyata, Perguruan Tinggi Negeri sudah banyak yang menerima Mahasiswa/i nya bahkan memberi beasiswa untuk Penghafal Quran. Ada jalur khusus seperti jalur prestasi bagi lulusan SMA yang menghafal Al-Quran.

Mungkin Alasannya perkembangan sistem pendidikan di Indonesia, khususnya perguruan tinggi mulai mengarah kearah yang lebih baik, Karena pun menurut penelitian, Mereka yang penghafal Quran pastinya punya pengaruh besar pada kecerdasan mereka, baik dari segi menghafal (daya ingat), karakter anak, dan perilaku sehari-hari. Kini jalur penghafal Quran pun sudah banyak dibuka oleh perguruan tinggi di Indonesia maupun luar Negeri, Yuk cek Perguruan Tinggi mana aja yang menerima jalur Hafidz Quran ;

1. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Mulai tahun 2016, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga atau lebih sering disebut UIN Suka sudah menggulirkan Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jaluh penghafal Al-Quran. Tidak tanggung-tanggung, kampus ini memberikan jalan tol bagi siapapun yang memiliki gelar hafidz Alquran, tanpa tes langsung diterima. Ketentuan ini tidak hanya berlaku bagi yang hafal 30 juz saja, namun minimal hafal 26 juz, sudah dapat diterima di universitas ini tanpa tes. Selain itu, kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini juga membuka pendaftaran tanpa tes bagi mereka yang pernah menjadi juara Qori Nasional atau Olimpiade Sains Nasional. Alhamdulillah

2. Universitas Airlangga

Universitas yang terletak di kota Surabaya ini juga memiliki beasiswa untuk penghafal Quran. Dari Dr. M. Hadi Subhan, SH., MH., CN., memaparkan pada acara Airlangga Education Expo di tahun 2018. Di samping itu, UNAIR memiliki program beasiswa Tahfidzul Quran. Bagi mahasiswa yang hafal al Quran minimal 5 juz, UNAIR akan diberikan bantuan walaupun sudah diterima bidikmisi. Mahasiswa yang hafal 5 juz akan dibebaskan biaya kuliah satu semester, sedangkan yang hafal 30 juz akan bebas biaya kuliah sampai lulus.

3. Universitas Negeri Sebelas Maret

Yang kedua ada, Universitas yang terletak di kota Solo, Universitas Negeri Sebelas Maret atau lebih dikenal dengan UNS. Universitas ini memiliki banyak jalur beasiswa yang bisa diakses oleh calon mahasiswa baru. Salah satunya adalah Ketentuan Khusus UNS Jalur SNMPTN. Salah satu syarat jalur ini adalah calon mahasiswa harus hafal minimal 15 Juz Alquran yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga yang berkompeten terhitung dua tahun terakhir. Khusus untuk yang hafal 30 juz, UNS memberikan tempat khusus disamakan dengan juara olimpiade internasional. Bagi yang mendaftarkan diri di Fakultas Kedokteran, para calon mahasiswa ini akan mendapatkan poin tambahan tersendiri.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Terhitung sejak tahun 2016, Institus Teknologi Sepulun Nopember (ITS) telah menerima mahasiswa dari jalur penghafal Alquran. Di kampus ini, prestasi non akademik yaitu menghafal Alquran dijadikan sebagai salah satu nilai tambah, bukan sebagai patokan utama. Sehingga kampus ini tetap memperhatikan nilai rapr serta nilai Ujian Nasional (UN).

5. Kampus Entrepreneur Penghafal Quran

Beasiswa Penghafal Quran

Kampus dari Yayasan Pendidikan Khairunnas yang juga di kelola oleh LAZNAS Nurul Hayat, Kampus yang terfokus juga untuk penghafal Quran ini juga menyediakan Beasiswa bagi Yatim dan Dhuafa yang ingin menghafal Quran (Beasiswa Penghafal Quran). Kampus Entrepreneur Penghafal Quran ini juga memiliki kurikulum yang terfokus selain untuk menciptakan generasi Hafidz Quran juga mempersiapkan langsung terjun di dunia profesional. Yayasan Pendidikan Khairunnas merupakan yayasan yang didirikan oleh Yayasan & Laznas Nurul Hayat yang fokus pada pengabdian lembaga pada dunia pendidikan di Indonesia melalui Sekolah Islam Terpadu Khairunnas. Berdiri sejak 2018 di Surabaya. Alhamdulillah saat ini telah mengembangkan pendidikan Islam berbagai jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan usia dini (KB-TK), SD, SMP, SMA dan Kuliah (Kampus Entrepreneur Penghafal al-Quran).

6. Universitas Islam Indonesia

Beasiswa Penghafal Quran

Universitas Islam Indonesia atau UII sebagai salah satu universitas swasta perta di Indonesia tidak mau kalah. Universitas yang terletak di Yogyakarta ini meluncurkan dua jenis beasiswa hafidz, yakni kategori 30 juz dan 20 juz. Kemampuan ini harus dibuktikan dengan surat keterangan  dari lembaga yang mendampingi penghafal. Selain itu, pihak UII juga akan memberikan tes untuk membuktikan kemampuan calon mahasiswa tersebut. Khusus bagi penghafal 30 juz, akan diberikan beasiswa yang mencakup biaya KKN, biaya studi, sumbangan Catur Dharma, serta uang saku setiap bulannya.

7. Institut Pertanian Bogor

Pada tahun ajaran 2017/2018, Institut Pertanian Bogor atau biasa disebut IPB termasuk salah satu perguruan tinggi negeri yang membuka pendaftaran jalur khusus bagi para hafidz Alquran. Bagi yang sudah hafal 30 juz, pihak IPB memberikan apresiasi berupa nilai tambahan setara dengan juara olimpiade internasional. Sedang bagi mereka yang hafal minimal 15 juz sampai 29 juz, akan diberikan nilai tambahan setara dengan juara olimpiade nasional. Informasi selengkapnya bisa di cek di ipb.ac.id.

8. Univeristas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang atau UM juga membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa baru yang hafal Alquran. Beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh UM sebagai prestasi tambahan bagi para calon mahasiswa adalah prestasi non akademik, seni, prestasi akademik, keagamaan dan ketrampilan. UM memberikan kemudahan bagi mereka yang juara MTQ, hafal minimal 20 juz Alquran, serta juara seni grafis untuk masuk UM tanpa tes serta bebas memilihh program studi yang diinginkan.

9. Univesritas Andalas (UNAND)

Universitas yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat ini  memiliki jalur khusus penerimaan mahasiswa baru dari kalangan hafidz atau penghafal Alquran. Bahkan dari jalur SNMPTN, UNAND juga  memberikan kesempatan khusus bagi mereka yang hafal minimal 5 juz Alquaran sebagai kredit tambahan prestasi.

10.Universitas Abdurrab Pekanbaru (UNIVRAB)

Dari Pekanbaru, Universitas Abdurrab Pekanbaru menyediaka Beasiswa sebesar 450 juta untuk 12 mahasiswa berprestasi, termasuk di dalamnya para Hafidz Quran (Beasiswa Penghafal Quran). selain itu, selain para hafidz Alquran. Kedepannya, akan diberikan beasiswa serupa khusus bagi para aktivis.

11. Universitas Islam Bandung

Beasiswa Penghafal Quran

Universitas Islam Bandung atau UNISBA menawarkan beasiswa penghafal Alquran bagi mereka yang mendaftar melalui jalur PMDK. Awalnya beasiswa ini hanya berlaku di Fakultas Agama Islam saja, namun kini sudah mulai dibuka untuk prodi lain. Bagi penghafal Alquran 30 juz, akan diberikan fasisilitas berupa gratis pembiayaan kuliah dari masuk hingga lulus. Sedangkan bagi yang hafalannya kurang dari 30 juz, akan mendapatkan fasislitas serupa namun tidak penuh, sesuai kemampuan. Bagi warganet dari Bandung yang ingin mendaftar di UNISBA, dapat melihat detail informasi di unisba.ac.id.

12. UIN Alauddin Makassar

Seperti namanya, universitas ini berada di Makassar. Setidaknya tiga jalur khusus disiapkan bagi para penghafal Alquran. Pertama bagi mereka yang hafal 1-10 juz akan bebas biaya kuliah selama 2 semester. Kedua, bagi yang hafal 11-20 juz, biaya kuliah selama 4 semester akan dibebeaskan. Terakhir, bagi yang hafal 21 sampai 30 juz, akan diberikan beasiswa bebas biaya kuliah hingga 8 semester atau hingga lulus.

Masih banyak Universitas maupun perguruan tinggi bain negeri maupun swasta yang menyediakan jalur penerimaan maupun beasiswa penghafal Quran. Serta menjadikan Hafidz Quran menjadi nilai tambah masuk perguruan tinggi. Tentu saja, hal ini menjadi kabar baik yang tidak bisa didiamkan. Bagi yang masih dalam pendidikan SMP, Mari muali memperbanyak Hafalan Quran kita, dengan mendaftar di SMA Tahfidz Khairunnas. Atau yang mau lulus SMA dan ingin menambah hafalan Quran sebelum menuu perguruan tinggi, bisa memulai di Kampus Entrepreneur Penghafal Quran sebagai persiapan menuju perguruan tinggi.

Semoga Bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top