fbpx

Pentingnya Menanamkan Jiwa Nasionalis Bagi Remaja

Jiwa NasiOnalis; Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli, nasionalisme dapat diartikan sebagai rasa kebangsaan yang timbul karena kehendak untuk bersatu dan bernegara serta perasaan senasib dan sepenanggungan dalam suatu bangsa. Hal ini berarti bahwa nasionalisme merupakan perwujudan dari naluri manusia yang cenderung bersatu untuk mempertahankan diri. 

JIWA NASIONALISME

Ketika kehidupan sudah aman dan tentram, masyarakat mulai merasa tidak ada lagi hal yang perlu diperjuangkan untuk negaranya. Rasa nasionalisme pun mulai pudar. Hal ini dapat kita lihat dari mulai maraknya tindakan pelanggaran hukum yang terjadi terutama dalam pemerintahan di Indonesia. Sebagian besar pelanggaran ini dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang hanya ingin memperkaya diri dengan cara ilegal dan merugikan negara, bahkan ketika masih banyak masyarakat yang hidup melarat. Salah satu hal yang dapat mengatasi permasalahan ini adalah peranan kalangan remaja dalam suatu negara.

Remaja merupakan generasi muda yang kelak akan menjadi penerus bangsa dan akan menjadi penentu masa depan suatu bangsa. Disinilah pentingnya nasionalisme bagi kalangan remaja. Ketika seseorang tidak memiliki rasa nasionalisme, maka dia tidak akan merasa bertanggung jawab atas keadaan bangsanya. Dan ketika remaja tidak memiliki rasa nasionalisme terhadap bangsanya, masalah-masalah yang telah terjadi saat ini akan terus berlanjut di masa depan, bahkan menjadi semakin buruk. Tetapi, jika remaja memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, maka kesadaran akan tanggung jawabnya sebagai penerus bangsa pun akan membuatnya berusaha untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di negara ini dan memajukan bangsa Indonesia.

Rasa nasionalisme sangat penting sekali bagi generasi muda Indonesia untuk bisa menjadi bangsa yang maju, bangsa yang moderen, bangsa yang aman, dan damai, adil dan sejahtera di tengah-tengah arus globalisasi yang semakin hari semakin menantang negara Indonesia. Nasionalisme yang tinggi dari warga negara atau generasi muda  akan membuat perilaku positif untuk bangsa dan negara. Dalam dekade, ada beberapa kecenderungan menipisnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tolak ukur yaitu kurang apresiasinya generasi muda terhadap kebudayaan asli Indonesia, pola dan gaya hidup remaja yang kebarat-baratan, dan sebagainya.

Penting bagi seorang remaja untuk memiliki rasa dan jiwa nasionalis dan tentu saja disertai dengan pola pikir yang luas, wawasan, serta kemampuan untuk menganalisis keadaan yang terjadi dan bersikap realistis dalam mewujudkan idealisme yang dimiliki, yang dalam kasus ini adalah sikap nasionalisme itu sendiri. Sesungguhnya nasionalisme bukanlah sekedar ikatan yang timbul akibat perasaan senasib dalam penderitaan. Lebih dari itu, nasionalisme merupakan rasa persatuan dan sepenanggungan bukan hanya dalam meraih kemerdekaan, tapi juga menghargai kemerdekaan yang telah diraih dengan menjaga dan memajukan bangsa.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top