fbpx

Virus Corona : Tips Mencegah penyebaran Virus Corona di Sekolah

Indonesia dan seluruh dunia sedang ramai digemparkan dengan berita penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang sudah menyebar di 84 negara termasuk Indonesia. perbincangan mulai ramai dibicarakan di dunia maya maupun dalam perbincangan sehari-hari. Namun pemerintah mengimbau untuk tetap tidak panik pada virus corona. Sebab seperti yang sudah diketahui banyak pasien yang akhirnya sudah sembuh dan kembali pulih dari virus tersebut.

Dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, sebuah tulisan tentang pencegahan virus Corona dan hal-hal yang perlu diketahui oleh para orantua untuk tetap menjaga kesehatan keluarganya terutama yang memiliki anak yang masih bersekolah. Dikarenakan, virus corona diketahui menular melalui tetesan air liur atau ludah pada orang yang sedang bersin, batuk, dan bahkan berbicara. Virus tersebut kemudian terisap oleh orang-orang sekitarnya dan mulai menyerang tubuh seseorang biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelah terpapar.

Yuk ayah bunda mulai mengerti bagaimana menjaga keluarga khususnya putra-putri ayah bunda ketika bersekolah maupun yang tinggal di asrama seperti di asrama SMP, SMA, KEPQ Khairunnas.

Virus Corona

Yuk kenali gejalanya :
1. Demam

2. Batuk

3. Pilek

4. Sesak napas

Jika terjadi pada orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah dapat menyebabkan:

Pneumonia atau infeksi paru-paru

Sindrom pernapasan akut

Gagal ginjal

Hingga menyebabkan kematian.

Upaya antisipasi Secara umum, rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran adalah:

  1. Mencuci tangan secara teratur
  2. Menerapkan etika batuk dan bersin
  3. Memasak daging dan telur sampai matang
  4. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin
  5. Bagi para orangtua terutama yang memiliki anak sekolah, maka harus menerapkan hal-hal ini di dalam keluarga:

1. Melakukan kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serta setelah memegang instalasi publik.

2. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80 persen.

3. Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan tisu, atau sisi dalam lengan atas. Tisu yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya.

4. Ketika memiliki gejala saluran napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

Semoga kita sekeluarga bisa diberi perlindungan Allah S.W.T dan dijauhkan dari penyakit-penyakit yang menular ya Ayah Bunda. yuk mulai ajari ananda cara-cara agar selalu sehat dan terhindar dari penularan virus Corona.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top