fbpx

Pendidikan Adab untuk Anak

Pendidikan Adab untuk Anak

Pendidikan Adab untuk Anak salah satu hal yang perlu menjadi perhatian oleh orang tua. Pendidikan adab ini juga bisa didapatkan di lingkungan sekolah.

Pengaruh Peradaban Barat pada Kehidupan

Hakikatnya peradaban Barat memang benar mendatangkan teknologi dan memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan. Akan tetapi pada saat yang sama, penyakit, problem kehidupan juga semakin rumit seiring dengan kecanggihan yang tercipta. Sampai detik ini manusia menemukan diri mereka berada dalam suatu krisis global yang serius, yaitu suatu krisis kompleks dan multidimensional yang segi-seginya menyentuh setiap aspek kehidupan kesehatan dan mata pencaharian, kualitas lingkungan dan hubungan sosial, ekonomi, teknologi, dan politik. Yang krisis itu meliputi dimensi-dimensi intelektual, moral, dan spiritual; suatu krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam catatan sejarah umat manusia.

Kebiasaan orang Barat, wanita yang dianggap telah dewasa akan diberikan kebebasan untuk melakukan apa saja sesuka hati. Tetapi, di bangsa ini yang memegang teguh adat ketimuran yang sejalan dengan ajaran Islam, tidak akan pernah melepas wanita yang ada dalam keluarganya, sebelum menikah.

Komitmen seperti itu hanya akan tetap terjaga manakala keluarga-keluarga di Indonesia memegang erat pendidikan adab di dalam rumah sejak anak-anak masih kecil, belia, remaja hingga dewasa. Negeri ini pun akan selamat dari kehancuran akibat agenda asing dengan proksi yang mereka miliki untuk terus mengadu domba negeri ini melalui pengaruh media yang massif dan sistematis.

Untuk itu, keluarga Muslim di Indonesia mesti memiliki pandangan hidup (worldview) Islam agar terhindar dari pengalihan isu yang dibombardir media yang pro terhadap lunturnya nilai-nilai kebangsaan, ke-Tuhan-an, dan ketimuran. Di antaranya dengan kembali konsentrasi, fokus dan komitmen memenuhi hak pendidikan adab anak di dalam rumah.

Pentingnya Pendidikan Adab

Bagaimana pentingnya pendidikan adab untuk anak? Pendidikan adab akan menjadikan anak-anak kita tumbuh dewasa dengan kepribadian cerdas penuh akhlak. Mereka tidak akan berpikir rancu apalagi menimbulkan masalah dan kericuhan di tengah-tengah masyarakat. Hal ini karena pendidikan adab menjadikan anak-anak kita mengenal bagaimana beradab (bersopansantun) terhadap Allah, Rasulullah, orang tua, guru, ilmu, teman, alam bahkan dirinya sendiri selama 24 jam dalam segenap aktivitas hidup sepanjang hayat.

Pendidikan Adab di Pesantren

Namun, dalam dunia sekarang ini realitanya banyak orang tua yang benar-benar dipadatkan dengan kegiatan pekerjaan sehingga hal penting seperti pendidikan adab banyak diabaikan. Karena hal tersebutlah, para orangtua harus cermat dan jeli dalam memilihkan sekolah untuk anak. Sekolah yang mengajarkan pendidikan adab, akhlak dan al-qur’an serta tak luput juga pendidikan akademik yakni di pesantren. Disinilah peran pesantren patut diperhitungkan. Di pesantren anak dididik untuk melatih kebiasaan baik dan disini pula mereka bisa benar-benar dilatih adab mereka 24 jam. Selain mereka mendapatkan materi adab, mereka juga menerapkan langsung materi adab yang telah diajarkan dalam kehidupan sehari-hari mereka di pesantren.

Jika benar kita memang mendamba peradaban bangsa hidup dan memimpin dunia, inilah (pendidikan adab) yang amat dibutuhkan oleh anak-anak jaman sekarang.

Sekilas Tentang SMP Khairunnas

SMP Khairunnas merupakan SMP islam yang berbasis boarding school atau pesantren dan terfokus pada Tahfidz Quran. SMP Pesantren Khairunnas telah hadir di beberapa kota, antara lain Tuban, Malang, Madiun, dan juga Gresik.

Tuban

Malang

Madiun

Gresik

  • Siti Fatimah Binti Maimun Gg Tambang II No.09 GKB – Gresik ( 031 9910 3377 / 0821 2751 7003 )

Selengkapnya tentang SMP Khairunnas disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top