fbpx

PENTINGNYA MANAGEMEN WAKTU

Pentingnya Managemen Waktu : Jika saya diberi pertanyaan apakah waktu itu penting ? maka saya akan menjawab ya tentu saja. Waktu sangat penting bagi saya karena hidup merupakan waktu itu sendiri,  Secara umum waktu adalah suatu hal yang mengatur segala sesuatu yang ada di alam semesta ini sehingga dapat berjalan dengan semestinya. Waktu mengatur segala hal seperti pergantian siang dan malam, pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, tahun lama ke tahun baru, selain itu waktu juga mengatur bagaimana bumi ini dapat berputar pada porosnya (rotasi) dengan begitu terciptalah gaya gravitasi sehingga kita dapat hidup di dalamnya dengan damai tanpa takut akan jatuh maupun terbang ke luar angkasa. Coba bayangkan jika waktu berhenti tidak akan ada pergantian siang dan malam, tidak ada pergantian musim, tidak ada gaya gravitasi dan pada akhirnya semua yang ada di dunia ini akan berhenti,  kehidupan dan pergerakan di alam semesta ini akan lenyap dan mungkin bisa disebut juga dengan kiamat. Namun beruntung karena waktu akan terus berputar meskipun kehidupan yang ada di dunia ini menghilang. Kehidupan bergantung kepada waktu namun waktu tidak bergantung kepada kehidupan, oleh karenanya waktu merupakan sesuatu yang sangat penting bagi keteraturan di  seluruh alam semesta ini .

Time is money

Pentingnya managemen waktu

Sebuah ungkapan yang hampir setiap orang tahu, sama halnya seperti ungkapan dalam bahasa Arab, “waktu itu seperti pedang, jika engkau tidak memotongnya maka ia akan memotongmu”.

Berbicara tentang waktu, setiap orang memiliki 24 jam sehari semalam. Tidak ada porsi yang berkurang atau bertambah. Namun, lain halnya saat seseorang dihadapkan dengan pertanyaan, “bisa selesaikan tugas ini sebentar, apakah ada waktu?” Jawabannya tentu bervariasi. Ada yang menjawab “bisa”, “lagi sibuk” atau “gak ada waktu”. Tidak ada yang salah dengan jawaban, karena setiap orang bebas memilih bagaimana mereka menghabiskan waktu setiap hari. 

Keseringan dalam hidup kita berada diposisi di mana waktu terbuang tanpa “perencanaan”. Mungkin dalam keseharian banyak dari kita yang belum memahami konsep manajemen waktu yang baik. Jika kita bisa mengatur waktu, maka kemungkinan besar hidup kita akan lebih produktif dan tentunya kita akan sulit memberi jawaban “lagi gak ada waktu”. 

Manajemen waktu erat hubungan dengan target yang kita rencanakan setiap harinya. Sebagai contoh, sebelum memulai hari kita sudah menargetkan berbagai hal yang ingin kita lakukan keesokan hari. Karena itu, kita seharusnya memiliki daftar yang sudah kita buat saat malam tiba. Sehingga ketika kita terbangun keesokan harinya, kita memiliki target yang jelas kemana kita akan menghabiskan waktu sesuai daftar yang sudah kita rencanakan sebelumnya. 

  Saat seseorang tidak merencanakan harinya, sama halnya ia tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Akibatnya, selama 24 jam waktunya akan terpakai untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Ini yang menjadi alasan bagi seseorang untuk menunda pekerjaan disebabkan ketidakadaan target dalam harian. Manajemen waktu memiliki peran penting dalam hidup setiap orang. Tanpa manajemen waktu yang baik seseorang sebenarnya sedang berada dalam kerugian. Wajar saja jika orang barat mengatakan “time is money”. 

Itu pun sebaliknya di sebuah lembaga pendidikan khususnya Boarding School peranan management waktu dalam mengatur keseharian anak-anak sangatlah penting, Seperti halnya di SMP khairunnas, lembaga pendidikan Boarding School yang sudah mengatur jadwal keseharian anak-anak selama 24 jam, dari bangun tidur, mandi, mengaji, sekolah bermain, sampai makan. Tujuan daripada itu agar anak dapat menghargai waktu yang ada  dan dapat mencapai target yang jelas.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Oleh : Ariana Dwi Ambarsari, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top