fbpx

Nikmati Lelahmu

Mengeluh, hanya menambah beban hidupmu. Nikmati saja lelahmu meski batin dan jiwa meminta menyerah. Apapun yang Kamu miliki saat ini syukurilah. Jangan pernah mengeluh dengan pencapaianmu saat ini. Justru Kau harus bersyukur karena masih banyak orang yang menginginkan berada di posisimu saat ini.

Umar Bin Khattab. ra  berkata : “apabila kamu merasa letih berbuat kebaikan, sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan yang akan terus kekal. Bila kamu bersenang-senang dengan dosa, sungguh kesenangan itu akan hilang dan dosa itu akan kekal.”

Nikmati Lelahmu

Terkadang berbuat kebaikan membuat lelah,  sementara berbuat maksiat nampak menyenangkan. Tetaplah Istiqomah berbuat baik apapun kondisinya. Terkadang maksiat datang dengan penampakan yang menyenangkan dan terkesan membuat kita bahagia dan terlena. Namun pada akhirnya yang didapat hanyalah kehampaan. Teruslah bersabar, ikhlaslah melaksanakan kelelahan yang kamu tempuh dalam kebaikan. Dunia ini hanya sementara, dan akhirat selamanya. Jadi, nikmati setiap kebaikan yang Kamu usahakan untuk mencari ridho Allah. Semoga semuanya tidak sia-sia, karena yang lebih merugi dari tak punya lelah adalah mereka yang capek berlelah-lelah tetapi tak mendapatkan apapun selain dahaga.

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

Bukan kesulitan yang membuat kita takut, tapi ketakutan yang membuat kita sulit. Karena itu jangan pernah mencoba untuk menyerah dan jangan pernah menyerah untuk mencoba dalam amanah, keikhlasan dan kejujuran. Maka jangan katakan pada Allah aku punya masalah, tetapi. katakan pada masalah “AKU PUNYA ALLAH YANG MAHA SEGALANYA” …Ali bin Abi Thalib. ra

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top