fbpx

Tantrum pada Anak Remaja dan Cara Mengatasinya

Tantrum pada anak remaja

Ini dia cara mengatasi Tantrum pada Remaja

Sebagaimana yang kita ketahui, tantrum adalah ledakan emosi pada seseorang ketika keinginananya tidak terpenuhi. Tantrum dapat terjadi tidak hanya pada anak bayi saja, melainkan pada semua orang di setiap jenjang usia. Selama ini telah banyak yang membahas mengenai penanganan tantrum pada bayi, namun kebanyakan orang belum mengetahui cara mengatasi tantrum pada anak usia remaja.

Cara mengatasi tantrum pada anak usia remaja

Berikut merupakan salah satu langkah untuk membantu mengatasi tantrum pada anak usia remaja.

Menemukan penyebabnya

Sebelum kita menentukan solusi dengan munculnya tantrum pada anak remaja, alangkah baiknya jika kita mengenali dahulu apakah yang menyebabkan anak menjadi tantrum. Dengan mengetahui penyebabnya akan mudah bagi kita menemukan solusinya.

Salah satu penyebab seringnya anak tantrum yaitu pola asuh anak yang kekanak-kanakan. Maksudnya, anak lebih sering dimanja sehingga menyebabkan kemandirian anak menjadi berkurang. Dampaknya, anak akan bergantung pada orang tuanya secara berlebih dan menyebabkan inginnya seluruh keinginannya terpenuhi.

Relaksasi

Ajak anak untuk lebih rileks sejenak, seperti mengalihkan perhatiannya dengan hal positif yang dia sukai. Ajak anak untuk tertarik pada hal lain sebelum kemudian diajak berdiskusi.

Berikan candaan pada anak

Ketika anak mulai rileks berikan anak candaan yang mampu mengalihkan mood nya menjadi lebih baik. Berikan candaan tetapi tidak berlebih dan tidak mengarah pada hal apa yng membuatnya menjadi emosi. Hal ini akan baik untuk kestabilan emosi anak.

Berikan motivasi

Berikan motivasi pada anak dengan kalimat seperti “semua akan baik-baik saja”. Dengan kalimat sederhana tersebut, anak dapat kita ajak untuk lebih tenang sehingga proses diskusi dapat dilakukan.

Ajak diskusi dengan bahasa yang halus.

Ketika anak sudah mulai tenanng, barulah kita mengajak untuk berkomunikasi dan berdiskusi untuk menyelesaikan masalahnya. Jangan lupa berikan solusi dan gambaran yang konkret untuk setiap keputusan yang diambil. Jangan lupa pula untuk memberikan edukasi bahwa tidak segalanya harus dimiliki sekarang. Dengan cara tersebut anak dapat lebih berfikir realistis.

Ajak anak untuk melakukan hal positif.

Sebagai salah satu bagian akhir dari penanganan tantrum adalah, berikan anak motivasi untuk melakukan hal positif. Dengan mengalihkan energi anak ke hal positif secara tidak langsung rasa marahnya akan teralihkan dan anak lebih memiliki penerimaan diri.

Sekilas Tentang SMP Khairunnas

SMP Khairunnas merupakan SMP islam yang berbasis boarding school atau pesantren dan terfokus pada Tahfidz Quran. SMP Pesantren Khairunnas telah hadir di beberapa kota, antara lain Tuban, Malang, Madiun, dan juga Gresik.

Tuban

Malang

Madiun

Gresik

  • Siti Fatimah Binti Maimun Gg Tambang II No.09 GKB – Gresik ( 031 9910 3377 / 0821 2751 7003 )

Selengkapnya tentang SMP Khairunnas disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top