fbpx

Tips Agar Anak Menghafal Quran

Sebagai orang tua dan seorang muslim, memiliki anak seorang hafidz Quran pastinya sudah menjadi keinginan kebanyakan orang tua. Karena banyak sekali hikmah dari memiliki anak yang menghafalkan Quran, salah satunya orang tua yang akan dimuliakan oleh Allah S.W.T dan diberikannya mahkota surga untuk orang tua. Namun, tentunya agar anak bisa menjadi penghafal Quran perlu ada upaya dari orang tua yang selalu mendukung Ananda. Berikut merupakan tips agar Ananda mudah menghafal Quran :

Menghafal Quran

1. Membiasakan Anak dengan Ayat Suci Al-Quran

Agar anak mudah menghafal Quran, Anak perlu dikenalkan dan dibiasakan dengan Al-Quran sejak dini, bahkan semenjak belum lahir atau dalam kandungan. Orang tua sering membacakan Al-Quran atau mendengarkan anak lantunan ayat suci Al-Quran. Agar anak menjadi terbiasa dan semakin menyukai Al-Quran

2. Pasangkan Video di Hadapan Anak

Di internet, banyak sekali pilihan video bacaan Quran, termasuk beberapa yang memiliki gambar / visual yang menarik seperti kartun dan cerita – cerita muslim. Pasangkan video mengaji yang menarik untuk anak. Agar anak bisa tertarik untuk mendengarkan Quran sekaligus menonton video yang menarik.

3. Menggunakan Flash Card

Saat balita, Anak diajak belajar Quran dengan menggunakan Flash Card untuk mengenalkan huruf – huruf hijaiyah agar anak lebih senang dengan Quran.

4. Memutarkan Tilawah untuk Anak

Agar anak lebih mudah menghafal Quran, sering – sering memutarkan tilawah bacaan Quran untuk Anak. Semakin sering mendengarkan tilawah Quran semakin mudah menghafalkan ayat – ayat suci Al-Quran. Saat ini tilawah bisa dari mana saja, dari video, dari aplikasi quran dan dari youtube juga bisa.

5. Menguji Bacaan dan Hafalan Anak

Mulai menguji bacaan dan Hafalan Anak dapat membantu memudahkan hafalan anak melekat di otak. Karena hafalan dan otak sering dan berulang – ulang di tes akan membuat hafalan lebih mudah dan bertahan di otak.

6. Membaca Surat – Surat Pendek Sebelum Tidur

Mulai membiasakan membaca surat – surat pendek sebelum tidur boleh secara bersamaan. Agar anak menjadi terbiasa dan hafalannya semakin baik. serta membiasakan adab yang baik sebelum tidur, selain berdoa sebelum tidur juga membaca Quran, minimal surat – surta pendek.

7. Jadikan Membaca Quran Sebagai Hobi

Menjadikan membaca Quran sebagai hobi bagi anak, mengisi waktu – waktu senggang nya dengan membaca Quran. Namun ini juga harus dibantu oleh orang tua, Orang Tua perlu memberikan contoh dan teladan kepada anak. Orang Tua perlu menjadikan membaca Quran juga sebagai Hobi, serta mencontohkan cara – cara mencintai Quran.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top