fbpx

Hadapi New Normal, Ini yang Perlu Dilakukan Orang Tua di Rumah Bersama Anak

Hadapi New Normal : Era new normal membawa kekhawatiran tersendiri bagi banyak orangtua. Jangankan menjaga kebersihan dan kesehatan, untuk mengerti apa itu virus corona penyebab sakit Covid-19 saja anak kesulitan untuk mengerti.

Hal ini menurut Nutrition Expert Youvit gummy multivitamin, Rachel Olsen membuat orangtua perlu memulai untuk mengajari anak-anak kebiasaan sehat baru, khususnya sebelum mereka mulai aktif bersekolah.

Hal dasar yang bisa dibiasakan untuk buah hati menyangkut kebiasaan sehat adalah melalui makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

hadapi new normal

“Makanan sehat yang dikonsumsi anak-anak bukan hanya bagus untuk pertumbuhan mereka, tetapi juga bisa memberikan imunitas yang dibutuhkan untuk melawan beragam penyakit yang ada di sekitar mereka,” ujarnya dalam siaran pers yang suara.com terima.

Untuk memupuk kebiasaan ini, Rachel memberikan beberapa tips sederhana untuk para orang tua yang bisa diaplikasikan selama di rumah. Berikut daftarnya.

1. Orang tua sebaiknya selalu memberikan contoh makan makanan yang sehat selama di rumah. Dengan begini, lama kelamaan anak-anak akan mengikuti kebiasaan tersebut.

2. Coba untuk menyiapkan makanan sehat bersama si kecil. Dengan metode ini, mereka akan lebih bangga dan semangat untuk makan, karena mereka terlibat dalam proses pembuatan makanan sehat itu.

3. Orang tua dapat menggunakan pula metode ‘sapere’. Jadi ini merupakan langkah untuk mengajarkan hal baru tentang makanan menggunakan indera penciuman, rasa, sentuhan, pengelihatan dan pendengaran.

Melalui metode ini, bukan hanya anak yang akhirnya belajar mengenali makanannya, tetapi orang tua jadi lebih tahu tentang respon buah hati mengenai makanan tertentu. Sehingga orang tua bisa mencoba alternatif cara memasak dan opsi makanan sehat yang disukai oleh mereka. Untuk hadapi New Normal.

4. Untuk menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan (picky eater), sebaiknya jangan putus asa. Berdasarkan penelitian, anak perlu 15 kali mencoba sebelum akhirnya mereka benar-benar memutuskan suka atau tidak terhadap makanan tertentu.

Orang tua diharapkan dapat mengkreasikan menu yang berbeda selama prosesnya.

5. Biasakan mereka untuk mengonsumsi multivitamin setiap hari, supaya kebutuhan vitamin dan mineral mereka terpenuhi dengan maksimal. 

6. Selalu usahakan makan bersama anak-anak di meja makan. Selain orang tua bisa membangun kedekatan, metode ini sangat berguna untuk memantau mereka untuk makan sesuai porsi dan tidak terganggu dengan aktifitas yang membuat mereka melupakan makanan mereka.

7. Ajarkan kebiasaan esensial lain selama hadapi new normal. Yang pertama adalah biasakan mereka untuk cuci tangan lebih sering daripada biasanya. Kemudian ajarkan dan selalu minta mereka untuk menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top