fbpx

Ujian Nasional di hapuskan , setujukah anda ?

Ujian Nasional

Ujian Nasional, wacana penghapusan kini sedang di kaji oleh banyak pihak.Menurut kamu UN perlu dihapuskan atau dipertahankan ? Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sedang mempelajari penghapusan UN itu. Masyarakat tinggal menunggu kapan wacana itu akan di terapkan, penghapusan UN yang sedang di kaji.

Ada yang secara terang-terangan mendukung penghapusan UN. Ada pula yang meminta agar rencana kebijakan itu dipikirkan matang -matang. Anggota Komisi X DPR dari PDIP Andreas Hugo Pareira misalnya, dia mempertanyakan soal evaluasi terhadap para siswa bila nanti UN benar-benar dihapus. Soalnya selama ini UN adalah alat evaluasi yang digunakan secara umum.

DPR mendukung penghapusan UN

Dua pimpinan Komisi X DPR mendukung penghapusan UN. Mereka adalah Wakil Ketua Komisi X dari Golkar, Hetifah Sjaifudian, dan Wakil Ketua Komisi X dari Partai Demokrat Dede Yusuf. Hetifah berpandangan UN menjadi tekanan bagi siswa, guru, hingga orang tua. Lebih baik, UN diganti asesmen kompetensi siswa secara berkala. Dede Yusuf menilai UN tak bikin cerdas karena anak hanya menghapal pelajaran.

Tak hanya anggota DPR yang bersuara, kepala daerah juga urun pengalaman. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyampaikan UN sudah tidak ada di daerahnya sejak zaman Bupati Ichsan Yasin Limpo (2005-2015). Kabupaten Goewa memakai Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB). Kini Adnan mendukung wacana Menteri Nadiem.

Ujian Nasional tidak dihapuskan, namun diganti dengan evaluasi atau penilaian yang lebih baik. Karena kita ingin penilaian ini nantinya lebih mengarah pada tingkat penalaran siswa. Menurutnya guru-guru harus melakukan penilaian yang sifatnya formatif, atau perbaikan secara terus-menerus. Semangat belajar harus dibangkitkan dalam keseharian, melalui penilaian harian, mingguan dan bulanan.

Pesantren Khairunnas didirikan oleh Yayasan nurul hayat mulai dari PAUD, TK, SD,SMP, hingga jenjang SMA. Alhamdulillah sudah terbukti mampu menyelaraskan pendidikan agama dan ketakwaan dengan pendidikan yang bermutu.Jadikan putra-putri kita menjadi generasi Hafizh Alquran,dan akan memberikan mahkota kepada ayah bunda di Surga kelak.
Informasi Pendaftaran : Hotline: 085655520017 / 085655455301 Yayasan Pesantren Khairunnas Jl.Perum Ikip Gunung Anyar B-48 Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top