fbpx

WIRAUSAHA MUSLIM

By : Ust. Rusli, S.Pd.I

Pembaca yang budiman Apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar kata wirausaha muslim ?

Mari kita kupas bersama apakah yang dimaksud dengan wirausaha ?

Kata “entrepreneur” atau dalam bahasa Indonesia, “wirausaha”, memang sering digaungkan akhir-akhir ini. 

Dan kita sebagai orang muslim hendaknya memegang prinsip-prinsip dan kaidah yang sudah di ajarkan oleh rasululllah dalam berhubungan dengan sesama manusia (hablum minan nas) dalam berusaha atau berdagang. Karena salah satu pintu dari Sembilan rejeki yang diberikan oleh allah kepada manusia adalah dengan berdagang atau menjadi wirausahawan muslim yang sejati.

Nabi Muhammad SAW telah memberikan tauladan kepada kita semua bahwa beliau juga merupakan sosok pedagang atau wirausahawan muslim sejati yang sukses membawa dagangan majikan nya yaitu siti khodijah untuk di jual hingga ke mancanegara. Berkat kesuksesan beliau dalam berdagang beliau diberi gelar Al-Amin (pedagang yang dapat dipercaya).

Apakah Anda termasuk orang yang tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan ? Jika jawaban anda ya, maka ada baiknya Anda membaca artikel berikut ini. dan cari tau apa itu wirausaha muslim.

Wirausaha muslim

Apa itu Wirausaha?

Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. (Wikipedia)

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dari sebelum diolah dan dipasarkan.

Dalam berbagai jenis pekerjaan pasti ada kelebihan dan kekurangan masing masing, sesuai dengan karakter dan resiko serta penghasilan yang akan diperoleh, begitu juga jika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan pasti ada kelebihan dan kekurangan yang akan dihadapi. Untuk itu perlu di siapkan mental dari sekarang jika anda ingin menjadi wirausahawan yang ulung dan handal.

Berikut ini kelebihan jika anda memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha…

Kelebihan kelebihan yang bias anda dapatkan ketika anda memutuskan untuk menjadi wirausaha :

  1. Anda bebas menentukan jam kerja/waktu kerja anda : ya jika anda memutuskan untuk menjadi wirausahawan anda tidak terikat oleh waktu kerja seperti ketika anda bekerja di kantor, karena waktu bisa anda atur dengan fleksibel dan leluasa.
  2. Kesempatan untuk membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat : sebagai wirausaha pasti anda akan dihadapkan dengan banyak pekerjaan, seperti mengirim barang, menjawab pertanyaan konsumen, menyiapkan pesananan pelanggan, membungkus barang dll. Nah hal itu bisa anda distribusikan kepada orang lain sehingga menjadi wasilah rejeki bagi masyarakat disekitar anda.
  3. Potensi Penghasilan tak terbatas : benar sekali, ketika anda memutuskan untuk menjadi wirausaha anda berpotensi untuk mendapatkan penghasilan tanpa batas, tentu dengan di barengi ikhtiar dan doa kepada Allah swt

Itulah beberapa kelebihan yang akan anda dapatkan ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan. Tentu untuk menjadi wirausahawan yang handal jalan yang akan di tempuh tidak selalu mudah, banyak tanjakan dan tikungan yang harus dilewati seorang pengusaha jika ia ingin sampai dipuncak kesuksesan. Yang paling penting adalah SIAPKAN MENTAL JUARA agar anda bisa menjadi wirausahawan tangguh yang sukses. Be Positif, Be rich.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Di Pesnatren Khairunnas, santri juga didorong untuk mlatih kemampuan berwirausaha juga, dengan kegiatan kegiatan yang mendukung seperti pasar Jumat dll.esantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top