fbpx

Adab atau Ilmu

Adab atau Ilmu dulu yang perlu kita dahulukan? Pertanyaan tersebut sering kali kita dengar atau bahkan kita pertanyakan sendiri. Mana yang lebih harus didahulukan.

Imam Malik berkata

تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم

“Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.”

Kenapa para ulama salafus solih begitu perhatian nya dalam masalah ini, karena suatu ilmu jika tanpa di dasari dengan adab dan akhlak yang baik maka ilmu itu akan menjadi kemudharatan / kejahatan. 

Maka dahulukan adab sebelum ilmu Sebagaimana di katakan pula oleh seorang ulama 

بالأدب تفهم العلم

“Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.”

Adab atau ilmu

 Dengan memiliki adab dan akhlak yang karim semoga alloh meridhoi ilmu yang di miliki sehingga memudahkan memahami setiap ilmu yang di pelajari. Semoga artikel ini bisa membantu menjawab pertanyaan mana yang harus didahulukan Adab atau Ilmu.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Yayasan Pendidikan Khairunnas merupakan yayasan yang didirikan oleh Yayasan & Laznas Nurul Hayat yang fokus pada pengabdian lembaga pada dunia pendidikan di Indonesia melalui Sekolah Islam Terpadu Khairunnas. Berdiri sejak 2018 di Surabaya. Alhamdulillah saat ini telah mengembangkan pendidikan Islam berbagai jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan usia dini (KB-TK), SD, SMP, SMA dan Kuliah (Kampus Entrepreneur Penghafal al-Quran) 

Jenjang Pendidikan Yayasan Pendidikan Khairunnas yang pertama kali didirkan adalah pendidikan non-formal yaitu jenjang pendidikan kelas tahfidz anak, TK dan KB Khairunnas. seiring berjalannya waktu, semakin banyak dari donatur Laznas Nurul Hayat yang ingin mempercayakan pembelajaran dan pengembangan pendidikan putra putrinya di Pesantren Khairunnas. Oleh karena itu, Pesantren Khairunnas kemudian berkembang menuju jenjang-jenjang pendidikan yang lain. Berlanjut hingga didirikannya Pesantren Khairunnas jenjang Sekolah Dasar (SD) yang saat ini ada di surabaya, SMP Khairunnas yang saat ini ada di Tuban, Malang, Gresik dan Madiun, dan SMA Khairunnas yang saat ini ada di Surabaya, hingga Kampus Entrepreneur Penghafal Al-Quran yang saat ini berada di Surabaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top