fbpx

Belum Lolos SNMPTN? Yuk Cek Pilihan Lainnya

Hasil penerimaan perguruan negeri sudah resmi diumumkan kemarin (7 April 2020). M. Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada press conference pagi hari tadi menyampaikan bahwa dari pendaftar 478.608 di SNMPTN 2019, yang berhasil diterima adalah 92.331 dengan persentase 19,29 persen. Apapun hasilnya sudah menjadi apa yang terbaik kita semua dan hasil dari apa yang kita usahakan. Untuk yang berhasil, selamat atas keberhasilannya sudah diterima di perguruan negeri yang kamu mau. Untuk yang belum berhasil, jangan bersedih terlebih dahulu, perjuanganmu harus dilanjutkan. Karena sebenarnya yang diterima SNMPTN hanya 20% yang diterima. Ingat untuk tetap selalu berpikir positif dan bersyukur. Ketidaklulusan ini bukan berarti bagian dari kegagalan, justru bisa jadi hal ini menjadi sebuah keberhasilan yang tertunda. Tetaplah bersemangat dan segera lakukan cara ini untuk mempersiapkan diri kamu meraih mimpi.

Buat kamu yang masih belum lolos SNMPTN yuk cek pilihan lainnya ;

1. Tetap mengikuti UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Buat yang belum lolos, kamu masih bisa berjuang lagi di UTBK tahun ini. UTBK sudah tidak ada Tes Kompetensi Akademik (TKA), melainkan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Selain itu, mekanisme penilaian UTBK akan digabung dengan pengumuman SBMPTN.

Pendaftaran ujian ini sudah dibuka sejak 1 Maret 2019 lalu. Bagi kamu yang belum mendaftar, tak perlu khawatir karena masih ada kesempatan daftar UTBK gelombang kedua di https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id yang nantinya akan segera ditutup pada 01 April 2019. Rencananya pelaksanaan UTBK ini akan berlangsung 10 kali – 20 sesi pada 13 April 2019 hingga 26 Mei 2019 dan hasil pengumumannya pada 23 April 2019 – 02 Juni 2019. Yang pastinya harus dipersiapkan lebih matang lagi, kamu bisa mengikuti try-out try-out UTBK atau berlatih mengerjakan soal-soalnya.

2. Mendaftar Jalur Mandiri

Pilihan selanjutnya adalah lewat jalur mandiri. Agar keinginanmu untuk masuk perguruan tinggi bisa tercapai, pilihan lainnya adalah mendaftar lewat jalur mandiri. Salah satu hal yang paling penting ketika kamu akan mendaftar lewat jalur mandiri adalah mengerti jadwal pendaftaran online jalur mandiri PTN 2019/2020 beserta tanggal pelaksanaanya. Karena kemungkinan jadwal pendaftaran dan pelaksanaannya pun akan berbeda-beda setiap perguruan tinggi. Mengapa demikian? karena ketika kita sudah tahu kapan jadwal pendaftaran dan pelaksaannya, maka kita bisa memperispkan diri untuk mendaftar dengan melengkapi berkas-berkas pendaftaran yang diperlukan. Tak hanya itu saja, kamu pun bisa mempersiapkan diri dari jauh hari untuk menghadapi ujian jalur Mandiri PTN dan mempersiapkan diri untuk merantau bagi yang memilih PTN tujuan jauh dari tempat asal.

3. Mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta

Kini, banyak PTS yang tidak kalah bagusnya dengan PTN. Justru masing-masing PTS berlomba-lomba menunjukkan kriteria terbaik agar menghasilkan lulusan terbaik juga. Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari informasi terebih dahulu dengan bertanya kepada saudara dan teman yang sudah masuk ke PTS terlebih dahulu atau mengunjungi langsung ke PTS.

4. Menjadi Hafidz Quran lewat Kampus Entrepreneur Penghafal Quran

Pilihan lainnya adalah kamu bisa mendaftar di Kampus Entrepreneur Penghafal Al-Quran. Kuliah sekaligus mempersiapkan untuk dunia profesional kerja. Sambil menghafal Al-Quran juga bisa belajar dengan jurusan :

  1. Guru KB- PAUD
  2. Manajemen Perkantoran
  3. Akuntansi
  4. Internet Marketing
  5. Tahfidz Al-Quran

Dengan mata kuliah seperti :

Mata Kuliah Umum

  1. Entrepreneurship
  2. Leadership Skill
  3. Bahasa Inggris
  4. Komputer Perkantoran
  5. Siroh dan Berkisah
  6. Manajemen Perkantoran
  7. Praktek Pelatihan Kerja
  8. Ilmu Akuntansi dan Aplikasi Perkantoran
  9. Psikologi Anak
  10. Manajemen Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini

Mata Kuliah Keislaman

  1. Tahfidz Al Qur’an
  2. Kajian Keislaman
  3. Tahsin Al Qur’an
  4. I’tikaf dan Relawan Ramadhan

Kenapa memilih KEPQ?
Karena kamu bisa mempersiapkan diri untuk dunia kerja sambil menghafal Al-Quran dengan metoda dan lingkungan yang mendukung.
Yuk daftar sekarang. untuk info lebih lengkap dan pendaftaran bisa klik disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top