Hadist Innamal A’malu Binniyat

Hadist Innamal A’malu Binniyat

Hadist Innamal A’malu Binniyat – Sesungguhnya Amal Perbuatan itu bergantung pada niatnya.

Hadist Innamal A’malu Biniyat memiliki Keutamaan

Melakukan suatu amal ibadah bagi umat Islam sesungguhnya harus dimulai dengan sebuah niat, karena niatlah yang bisa membedakan apakah itu ibadah atau bukan. Apa keutamaan membaca niat dalam ibadah bagi umat Islam?

Memahami keutamaan membaca niat dalam ibadah bagi umat Islam ada empat yang dilansir dari berbagai sumber. Keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah bisa menyempurnakan amal ibadah, niat lebih utama daripada amal ibadah itu sendiri, niat bagian dari ruh dalam ibadah, serta bisa memberi kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Amalan yang didasari niat dan takut kepada Allah, maka ini adalah ibadahnya seoranh hamba. Amalan yang dilakukan karena mencari surga dan pahala maka ini adalah ibadah seorang hamba pula. Jika melakukan amalan karena malu kepada Allah, menunaikan hak ubudiyah dan rasa syukur tanpa mengetahui amalannya diterima atau tidak, maka ini adalah ibadahnya orang-orang yang merdeka.

“Nabi Muhammad juga melakukan ibadah seperti pada keadaan yang ketiga. Saat melakukan qiyamullail Nabi Muhammad melaksanakannya hingga kaki beliau bengkak. Padahal nabi sudah dijamin masuk surga dan beliau menjalani qiyamullail dengan rasa syukur.” lanjut Pryzelt.

Setiap hendak melakukan sesuatu perbuatan baik, dasarilah dengan niat yang baik. Karena terkadang dalam melakukan kebaikan terselip riya atau pamer.

Kementerian Agama RI menjelaskan keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah berlaku pula pada aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dijelaskan niat akan memberikan pengaruh dalam aktivitas yang dilakukan.

“Contoh sederhananya pada saat mau berangkat ke kantor, bekerja, ataupun keperusahaan lainnya dengan niat untuk menafkahi keluarga, bekerja sebagai ibadah, membangun generasi yang lebih baik, membantu agama dan lainnya sebagainya,” dijelaskan.

Seorang mukmin sangat dianjurkan dan diperintahkan untuk meluruskan dan mambaguskan niat. Berikut Pesantren Khairunnas ulas lebih mendalam tentang empat keutamaan membaca niat dalam ibadah bagi umat Islam serta dalilnya.

Hadist Innamal A’malu Binniyat merupakan potongam hadis yang menjelaskan tentang pentingnya sebuah niat dalam melakukan suatu ibadah, perbuatan, pekerjaan.

Dengan niat yang baik, kemudian dikerjakan dengan cara yang baik pula maka maka insyaAllah akan mendatangkan kebaikan, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, mari kita sesuatu dengan niat yang baik agar supaya kita mendapatkan kebaikan.

Innamal a’malu binniyat adalah potongan hadits tentang niat yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits, yang artinya “Sesungguhnya amal perbuatan itu bergantung pada niatnya“. Adapun tulisan Arab, latin dan artinya adalah sebagai berikut.

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ Artinya: “Sesungguhnya amal perbuatan itu bergantung pada niatnya.”

Innamal a’malu binniyat memiliki makna bahwa setiap amal yang tidak diniatkan karena mengharap Wajah Allah, maka akan sia-sia, tidak ada hasil sama sekali baik di dunia maupun di akhirat. Jadi, amal yang tidak diniatkan mencari keridhaan Allah ‘Azza wa Jalla, maka akan sia-sia.

Hadist Innamal a’malu binniyat merupakan potongan hadits tentang niat yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan empat iman Ahli Hadits lainnya. Adapun haditsnya adalah sebagai berikut.

Adapun hadits tentang niat lengkap adalah sebagai berikut.

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Artinya:

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul – Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul – Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits).

Setiap amal dan perbuatan seorang Muslim itu tergantung pada niatnya. Jika melakukan ibadah dengan niat karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka akan mendapatkan pahala dari-Nya. Sebaliknya, jika diniatkan untuk mencari pujian manusia atau untuk tujuan dunia, maka ia tidak akan mendapatkannya.

Niat adalah perkara hati yang urusannya sangat penting, jika niatnya baik akan membuat seseorang bisa naik ke derajat shiddiqin. Sebaliknya, bisa jatuh ke derajat yang paling bawah disebabkan karena niatnya tidak baik.

Oleh karena itu niat merupakan perkara yang sangat amat penting dalam agama Islam. Bahkan, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sendiri mengabarkan bahwa segala amal perbuatan itu tergatung pada nianya.

Nah itulah dia artikel mengenai lafadz “Innamal a’malu binniyat” beserta tulisan Arab dan artinya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu dari lafadz-lafadz dalam agama Islam, dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Menuntut Ilmu Sedikit Demi Sedikit

Di Pesantren Khairunnas Santri akan difokuskan untuk menghafal Al-Quran dengan metode pembelajaran yang sudah banyak melahirkan Hafidz/ Hafidzah. Santri juga akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Terbaik dan Unggulan Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top