fbpx

Melawan Gelap

Indonesia sedang diselimuti gelap oleh wabah corona virus (COVID-19). Untuk menghadapi wabah ini dan melawan gelap tindakan pertama seharusnya tetap bersikap tenang karena sikap tenang merupakan sifat orang mukmin sejati.

Melawan gelap

“Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Fath [48]: 4)

Ketenangan selalu melahirkan kemenangan atas segala musibah dan cobaan.

Selanjutnya untuk melawan gelap (COVID-19) yang menyelimuti beberapa wilayah di dunia, kita bisa mengupayakan banyak hal. Salah satunya sedekah, Rasulullah ﷺ bersabda: “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (Riwayat Imam Thabrani)

Seringkali kita terjebak menilai sedekah dengan ukuran materi. Apalagi tolak ukurnya kalau bukan uang. 

Dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: “Setiap ruas tulang manusia wajib bersedekah setiap hari, di mana matahari terbit”.

Hadits ini memberi kabar bahwa peluang untuk bersedekah setiap hari selalu terbuka luas.

Berikut penjelasan sedekah selain uang yang dapat kita lakukan ditengah wabah corona

  1. Amar ma’ruf dan nahi mungkar

Berpesan dengan kebaikan dan mencegah terjadinya kemungkaran merupakan salah satu sedekah yang dapat kita lakukan. Keadaan ini bisa juga diartikan sebagai menyelamatkan teman kita dari azab neraka. Saling menasehati dan mengingatkan dalam kebaikan serta share informasi yang benar di sosial media di tengah wabah corona ini begitu sangat bermanfaat.

  1. Membantu menyelesaikan masalah orang lain

Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah ﷺ menyatakan bahwa menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat merupakan sedekah.

Di tengah wabah ini banyak bermunculan masalah, dengan kita mengikuti anjuran pemerintah yang ada untuk melakukan jaga jarak fisik atau pembatasan interaksi sosial (physical distancing/ social distancing) efektif menekan laju penyebaran virus corona.

  1. Memberikan pertolongan

Sedekah dapat dilakukan dengan menolong orang yang memerlukan. Di tengah wabah ini, banyak hal yang bisa dilakukan seperti halnya memberi informasi cara cuci tangan atau penggunaan hand sanitizer yang benar, memberikan informasi mengenai corona virus ke masyarakat, menjadi relawan penyemprotan disinfektan di tempat umum dan rumah warga.

Sedekah tak hanya terpaku kepada harta atau pun uang. Maka jangan persempit pemikiran kita dengan membatasi suatu ibadah.

Wabah, musibah, penyakit, semua datang dari Allah. Allah adalah pemilik bumi dan langit, termasuk pembuat penyakit. Karena setiap Allah ciptakan penyakit dan wabah, Allah pasti siapkan obatnya. Tugas kita adalah berkhitiar. Semoga Indonesia dan dunia segera baik-baik saja.

Di Pesantren Khairunnas Santri akan belajar dengan kegiatan kegiatan yang interaktif yang membantu Ananda untuk berfikir kreatif dan inovatif. Pesantren Khairunnas adalah Yayasan pendidikan yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat. SD Unggulan Surabaya, SMP Unggulan Malang Tuban Madiun, SMA Unggulan Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top