fbpx

Tips Menjaga Hafalan Al-Quran

Tips Menjaga Hafalan Al-Quran yang perlu kamu ketahui – Sebagai seorang muslim tentu memiliki hafalan Al-Qur’an adalah sebuah cita-cita yang mulia. Meski begitu pasti akan ada ujian dalam proses menghafal yaitu menjaga hafalan. Berikut selengkapnya artikel mengenai Tips Menjaga Al-Qur’an

Tips Menghafal Al-Quran
Tips Menghafal Al-Quran

Keutamaan membaca Al-Qur’an

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya. Bukan hanya saat membacanya saja mendapat pahala, tapi saat mendengar atau bahkan melihat bacaan dalam Alquran sudah mendapat pahala. Yang membacanya akan mendapat pahala kebaikan bukan dari setiap kalimatnya, tapi setiap hurufnya dihitung dengan sepuluh kebaikan. Tak bisa dibayangkan jika setiap harinya membaca Alquran satu atau bahkan setengah juz, sudah berapa juta pahala yang didapatkan manusia setiap harinya.

Zaman sekarang sudah banyak sekali penghafal Alquran, entah dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, atau bahkan kaum lansia. Istilah bagi para penghafal Alquran adalah hafidz/hafidzah.

Tips Menjaga Hafalan

Terutama jika masih berusia dini tapi sudah mampu menghafalkan 30 juz, akan menjadi motivasi bagi para penghafal lain agar tetap semangat dalam menjaga kalam-Nya. Menghafalkan Alquran dari ayat demi ayat, halaman demi halaman, dan surat demi surat. Memang dan pasti akan ada ujian dalam proses menghafal atau menjaga hafalan. Semua ujian itu adalah rintangan yang menjembatani para hafid/hafidzah menuju dermaga kebahagiaan.

Yang sering kali menjadi pertanyaan adalah bagaimana sih cara menjaga hafalan?

Nah, Ada beberapa tipsnya sebagai berikut:

Kokohkan niat

Dalam menjaga hafalan dibutuhkan niat yang kuat dan tak mudah tergoyahkan dengan berbagai pengaruh di luar sana yang mampu memudarkan hafalan perlahan-lahan.

Optimalisasi jadwal sehari-hari

Buatlah jadwal keseharianmu, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Luangkan waktu

Sejatinya Alquran itu ingin diprioritaskan, ia tak suka dibaca dengan pikiran dan tenaga sisa-sisa.

Buatlah target setiap harinya dan berjanjilah untuk memenuhinya

Dengan membuat target berapa jumlah juz yang ingin dibaca setiap harinya, maka itu akan membuatmu berusaha untuk memenuhi target-target juz setiap harinya.

Jauhi maksiat

Bukan hanya bagi para penghafal Alquran larangan untuk menjauhi maksiat, tapi untuk semua umat muslim. Akan tetapi maksiat adalah dangerous line bagi penghafal Alquran.

Membaca Alquran dalam sholat

Salah satu trik yang melegenda adalah membaca Alquran dalam sholat. 

Dengarkan murattal Alquran

Dengan mendengarkan murattal Alquran maka secara tidak sadar kamu telah ikut membaca Alquran.

Pandai-pandai memotivasi diri sendiri

Tak jarang banyak sekali penghafal Alquran yang putus asa karena hafalannya tidak lancar. Saat itulah kamu harus pandai-pandai memotivasi dirimu, kuncinya adalah sabar. Ingat bahwa hafalan lancar adalah bonus dari Allah.

Secerdas apa pun otak manusia, tanpa pertolongan Allah ia takkan mampu menghafal Alquran yang isi dan uslub-nya tak bisa ditandingi oleh penyair manapun. Maka kamu harus banyak berdoa agar senantiasa diberi kemudahan, kekuatan dzohir bathin dalam menghafalkan Alquran.

Istiqamah atau konsisten

Dalam menghafal dan menjaga hafalan Alquran, unsur terpentingnya adalah istiqamah. Berusaha setiap hari untuk membaca Alquran, menjauhi larangan Allah, dan berdoa. Maka lakukan semua itu secara istiqamah atau terus-menerus setiap harinya.

Itulah 10 tips menjaga hafalan Al-Qur’an. Setelah membaca ini, semoga semakin bersemangat menghafal dan menjaga hafalannya. Aamiin…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top