fbpx

Program Ujian Sekali Duduk Pesantren Khairunnas Malang

Program Ujian Sekali Duduk merupakan salah satu program pilihan yang ada di Yayasan Pesantren Khairunnas, tak terkecuali Pesantren Khairunnas Malang. Program ini diterapkan semua jenjang dari SD sampai KEPQ

Murojaah di Pesantren Khairunnas

Aktifitas penghapal Al Quran adalah menghapal Al Quran dan murajaah. Murajaah menjadi salah satu titik krusial kualitas hapalan seorang penghapal Al Quran. Murajaah yang istiqomah dapat menjaga hapalan Al Quran dengan baik. Inti dari murajaah sendiri adalah mengulang-ulang hapalan.

Metode Murojaah di Pesantren Khairunnas

Di beberapa pesantren tentu memiliki program murajaah tersendiri untuk para santrinya. Begitupun di Pesantren Khairunnas, terutama di Pesantren Khairunnas Malang. Bagaimanakah metode murajaah untuk meningkatkan kualitas hapalan santri di Pesantren Khairunnas Malang? Berikut beberapa metodenya :

Setoran Murajaah Setiap Pagi

                Setiap pagi hari aktif para santri harus melakukan setoran murajaah minimal dua halaman. Untuk hapalan dengan kualitas yang baik, biasanya santri setor lima halaman. Hal ini sangat membantu santri untuk persiapan ujian sekali duduk per juznya.

Ujian Sekali Duduk perjuz

                Ujian sekali duduk 1 juz yang sudah dihapal dengan lancar dilakukan setiap akhir pekan dengan menggunakan microphone yang disimak langsung oleh mudhabbirah masing-masing. Minimal kesalahan untuk setiap halaman adalah tiga. Jika berturut-turut pada tiga halaman terdapat lebih dari 3 kesalahan per halaman, maka santri dianggap kurang siap untuk ujian dan harus melakukan ujian ulang setelah mereka siap.

Ujian Sekali Duduk 5 juz

                Ada dua kategori untuk dapat melakukan ujian sekali duduk lima juz. Pertama adalah santri yang telah selesai melakukan ujian sekali duduk perjuz sampai lima juz, maka selanjutnya akan melakukan ujian sekali duduk lima juz dan berhak mendapatkan sertifikat. Keuda adalah santri yang telah khatam 30 juz atau telah menyelesaikan hapalan 30 juz, maka ujian tidak per juz lagi, namun langsung lima juz.

                Nah, seperti itulah upaya untuk meningkatkan kualitas hapalan di Pesantren Khairunnas Malang. Diharapkan dengan upaya-upaya ini kualitas hapalan santri Pesantren Khairunnas Malang dapat lebih baik. Mengingat hapalan Al Quran bukan hanya dibawa untuk satu, dua, tiga tahun saja. Melainkan selamanya, hingga akhir hayat seseorang. Maka ketrampilan dalam murajaah itu sangat penting untuk seorang penghapal Al Quran. Untuk ayah bunda yang ingin putrinya menjadi penghapal Al Quran, bergabung bersama kami dan menjadi keluarga besar Khairunnas untuk mencetak generasi Quradi yang beradab dan berilmu. Klik link berikut bit.ly/ppdbsmpkhairunnas

Sekilas Tentang SMP Khairunnas

SMP Khairunnas merupakan SMP islam yang berbasis boarding school atau pesantren dan terfokus pada Tahfidz Quran. SMP Pesantren Khairunnas telah hadir di beberapa kota, antara lain Tuban, Malang, Madiun, dan juga Gresik.

Tuban

Malang

Madiun

Gresik

  • Siti Fatimah Binti Maimun Gg Tambang II No.09 GKB – Gresik ( 031 9910 3377 / 0821 2751 7003 )

Selengkapnya tentang SMP Khairunnas disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top