Tips Melatih Anak Berpuasa

Tips Melatih Anak Berpuasa – Meski belum diwajibkan berpuasa, namun anak-anak perlu dilatih agar terbiasa. Berikut ini cara mengajarkan anak berpuasa sejak dini secara tepat!

Tips Melatih Anak Berpuasa


Meskipun anak yang belum mencapai akil baligh belum diwajibkan untuk berpuasa Ramadan, tapi tak ada salahnya lho mengajarkan anak berpuasa sejak dini, agar nantinya anak lebih siap saat telah diwajibkan untuk berpuasa.

Meskipun semangat anak-anak untuk berpuasa cukup tinggi, namun pada perjalanannya, sangat sulit bagi anak kecil untuk menjalaninya selama satu bulan penuh.

Nah, berikut ini tips dan cara kreatif mengajarkan anak berpuasa yang bisa orang tua terapkan.

1. Mulai dari Puasa Setengah Hari

Agar anak tidak kaget, ajari mereka berpuasa secara bertahap. Hal ini bisa dilakukan dengan berpuasa selama setengah hari terlebih dahulu.

Si kecil bisa belajar puasa selepas waktu sahur hingga jam makan siang. Lakukan ini selama beberapa hari. Jika si kecil sudah siap, orang tua bisa secara bertahap menambahkan durasi puasanya.

2. Awali dengan Puasa Jajan

Cara mengajarkan anak berpuasa juga bisa dimulai dengan puasa makanan-makanan tertentu atau jajanan yang digemari si kecil.

Misalkan jika si kecil menyukai permen, biskuit, kue atau makanan seperti chicken nugget dan sosis, ajari anak untuk tidak makan makanan favoritnya tersebut selama bulan puasa.

Secara perlahan kurangi pilihan makanan tersebut hingga akhirnya si kecil mulai terbiasa dan bisa mencoba berpuasa secara penuh.

3. Perlahan Ajarkan Anak Makna Puasa serta Berbagai Tradisi Uniknya

Jangan lupa, sembari mengajarkan puasa, orang tua juga harus perlahan mengajarkan mengenai manfaat serta makna dari ibadah puasa, kebaikan bulan Ramadan, dan berbagai hal lainnya agar si kecil memahami mengapa ia perlu berpuasa.

Kenalkan juga si kecil mengenai berbagai tradisi-tradisi selama bulan Ramadan seperti taraweh, ngabuburit, dan lainnya agar ia lebih tertarik untuk belajar berpuasa.

4. Siapkan Makanan Favorit untuk Berbuka Puasa

Sebagai bentuk motivasi dan penghargaan karena sudah mau belajar berpuasa, Bunda bisa menyiapkan makanan favorit si kecil pada saat berbuka puasa.

Bila perlu, libatkan anak dalam pemilihan menu buka puasa dan juga proses persiapannya agar si kecil termotivasi untuk menyelesaikan ibadah puasa-nya pada hari itu.

5. Buat Aktivitas Ngabuburit Seru

Salah satu cara agar si kecil mampu belajar puasa dengan lebih baik adalah dengan mengalihkan perhatiannya dari makanan dan minuman selama belajar berpuasa.

Buatlah berbagai aktivitas menyenangkan bersama si kecil mulai dari permainan, hingga membaca al-quran untuk membuat si kecil tidak begitu memikirkan soal puasa yang tengah ia jalani.

6. Jadi Contoh dan Teladan yang Baik

Biasanya, anak selalu mencontoh kebiasaan orangtuanya. Untuk itu, Ayah dan Bunda perlu menjadi contoh dan teladan yang baik.

Selalu dampingi si kecil untuk memberikannya dukungan agar ia mampu menyelesaikan ibadah puasa-nya.

7. Hadiah Spesial pada Hari Lebaran

Sebagai motivasi, tak ada salahnya juga untuk menjadikan hadiah special pada hari Lebaran sebagai iming-iming agar anak lebih semangat untuk belajar berpuasa.

Hadiah ini bisa berupa mainan, tas sekolah baru, atau apapun hal yang sedang diinginkan si kecil. Namun juga bisa memberikan manfaat untuknya.

 

Sekilas Tentang Daycare/KB/TK Khairunnas

Visi & Misi

Visi :
Menjadi Lembaga pendidikan Islam yang HANDAL dalam mencetak generasi Qurani pemimpin
peradaban masa depan.

Misi :
1. Menguatkan Akidah Tauhid
2. Meneladankan akhlak dan ketakwaan
3. Mengembangkan Potensi dan Bakat
4. Tanggap terhadap tantangan dan potensi masa depan

Sekolah Tahfidz

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top